Analisis Kemampuan Kognitif Siswa pada Dimensi Pengetahuan dan Proses Kognitif Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi pada Konsep Kesetimbangan Kimia (Penelitian Deskriptif terhadap Siswa Kelas XI SMAN 1 Cileunyi)

Nayla Haraswati Arifin, Nayla (2014) Analisis Kemampuan Kognitif Siswa pada Dimensi Pengetahuan dan Proses Kognitif Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi pada Konsep Kesetimbangan Kimia (Penelitian Deskriptif terhadap Siswa Kelas XI SMAN 1 Cileunyi). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_bab1.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (DAFATR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)

Abstract

Kesetimbangan kimia merupakan salah satu konsep yang menjadi dasar bagi konsep kimia lainnya seperti kesetimbangan asam basa serta kelarutan dan hasil kali kelarutan. Berdasarkan analisis konsep, konsep ini memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif. Tujuan penelitian ini yakni menganalisis kemampuan kognitif siswa pada pengetahuan konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan taksonomi Bloom revisi pada konsep kesetimbangan kimia dan mendeskripsikan kriteria soal yang dapat mengukur ketiga pengetahuan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa pencapaian tertinggi pada pengetahun konseptual yakni mengaplikasikan dengan persentase jumlah siswa mencapai 30,3%. Pada pengetahaun prosedural, pencapaian tertinggi pada level memahami dengan persentase sebesar 26,3%. Pengetahuan metakognitif merupakan pengetahuan yang paling kurang dikuasai dari ketiga pengetahuan yang dianalisis karena persentase tertinggi sebesar 10,5% yakni pada level memahami. Kriteria soal yang digunakan untuk mengukur pengetahuan konseptual lebih dominan menggali pengetahuan tentang prinsip dan generalisasi, pengetahuan prosedural lebih menggali tentang algoritme, dan metakognitif lebih menekankan kepada strategi. Hasil penelitian ini berfungsi sebagai bahan evaluasi pembelajaran dan soal yang digunakan pada penelitian pun dapat digunakan dalam proses pembelajaran namun kurang bervariatif dari segi subjenis pengetahuan yang diukur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kemampuan Kognitif, Taksonomi Bloom revisi, Dimensi Pengetahuan, Dimensi Proses Kognitif
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Chemistry and Allied Science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 3781 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2017 02:17
Last Modified: 07 Nov 2017 02:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4716

Actions (login required)

View Item View Item