Pengelolaan akun media sosial instagram @birosdmpoldajabar sebagai upaya Employer Branding POLDA Jawa Barat

Hanifah, Tasya Rizkia (2021) Pengelolaan akun media sosial instagram @birosdmpoldajabar sebagai upaya Employer Branding POLDA Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (657kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy

Abstract

Biro SDM (Sumber Daya Manusia) POLDA Jawa Barat merupakan salah satu instansi pemerintahan yang aktif di media sosial Instagram sesuai dengan tujuan Biro SDM yaitu terkait dengan keanggotaan POLRI. Menjadi biro yang bertugas menyelenggarakan fungsi manajemen di bidang pembinaan sumber daya manusia, Biro SDM POLDA Jawa Barat membentuk tim khusus untuk mengelola media sosial khususnya Instagram bernama Tim Lasmaya (Laskar Media Maya). Tim Lasmaya bertugas untuk mengunggah konten seputar keanggotaan hingga berinteraksi dengan calon anggota baru. Hal ini dilakukan untuk membentuk citra positif bagi para pekerja di POLDA Jawa Barat yang disebut dengan employer branding. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan proses pengelolaan media sosial Instagram @birosdmpoldajabar dengan melalui empat tahapan dimulai dari tahap membagikan konten, tahap mengoptimalkan pesan, tahap mengelola informasi hingga tahap mengikutsertakan publik. Konsep dalam penelitian ini menggunakan The Circular Model of Some for Social Communications. Konsep The Circular Model of Some for Social Communications ini digunakan karena sesuai dengan dengan proses tahapan yang digunakan Biro SDM POLDA Jawa Barat dalam mengelola media sosial Instagram @birosdmpoldajabar sebagai upaya employer branding. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme, dengan pendekatan interpretif, penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan pengumpulan data-data penelitian dengan cara wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pengelolaan akun media sosial Instagram @birosdmpoldajabar yang dilakukan oleh Biro SDM POLDA Jawa Barat melalui Tim Lasmaya melewati empat tahapan yaitu pertama, tahap membagikan konten yang meliputi pengerjaan konten oleh sub bagian Biro SDM POLDA Jawa Barat juga pengerjaan konten oleh tim ahli Biro SDM POLDA Jawa Barat lalu berikutnya pengunggahan konten oleh Tim Lasmaya. Selanjutnya tahap mengoptimalkan pesan yang meliputi kegiatan pengamatan insight konten Instagram, percobaan hasil pengamatan insight dan implementasi pengamatan insight Instagram. Kemudian tahap mengelola informasi yang meliputi pemantauan oleh Tim Lasmaya dan kegiatan menjawab dan memperbaharui informasi. Terakhir tahap mengikutsertakan publik yaitu pengklasifikasian publik; publik internal dan eksternal b) pemilahan konten untuk dua kategori publik dan pengunggahan konten oleh Tim Lasmaya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa BiroSDM POLDA Jawa Barat melalui Tim Lasmaya melakukan pengelolaan akun media sosial Instagram sesuai dengan konsep The Circular Model of Some for Social Communication.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Akun Media Sosial Instagram; Employer Branding; Biro SDM (Sumber Daya Manusia) POLDA Jawa Barat
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Tasya Rizkia Hanifah
Date Deposited: 06 Dec 2021 07:49
Last Modified: 06 Dec 2021 07:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46683

Actions (login required)

View Item View Item