Aktivitas siswa mengikuti program Halaqah Tarbawi hubungannya dengan akhlak mereka sehari-hari : Penelitian di Nurul Iman Boarding School Cigalontang

Fadhilah, Nida Nur (2021) Aktivitas siswa mengikuti program Halaqah Tarbawi hubungannya dengan akhlak mereka sehari-hari : Penelitian di Nurul Iman Boarding School Cigalontang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab 1.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di Nurul Iman Boarding School Cigalontang, bahwa salah satu dari visi sekolah adalah mencetak generasi Rabbani yang berakhlak mulia. Untuk mewujudkan hal tersebut, sekolah membuat program Halaqah Tarbawi yang merupakan program pembinaan akhlak melalui kajian ilmu. Namun, pada kenyataannya memlalui observasi diperoleh hasil bahwa masih ada penyimpangan akhlak yang terjadi pada siswa-siswa di Nurul Iman Boarding School. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Mengetahui aktivitas siswa pada saat mengikuti program Halaqah Tarbawi di Nurul Iman Boarding School Cigalontang Singaparna. (2) Mengetahui realitas akhlak sehari-hari siswa di Nurul Iman Boarding School Cigalontang Singaparna. (3) Mengetahui hubungan antara aktivitas siswa mengikuti program Halaqah Tarbawi dengan akhlak mereka sehari-hari di Nurul Iman Boarding School Cigalontang Singaparna. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa aktivitas seseorang melakukan sesuatu yang baik dan bermanfaat akan berdampak pada akhlaknya. Penelitian ini berasumsi bahwa aktivitas siswa mengikuti kegiatan Halaqah Tarbawi akan memiliki hubungan terhadap perkembangan akhlak siswa yang mengikutinya. Dari asumsi tersebut dapat diambil hipotesis yakni, semakin tinggi aktivitas siswa mengikuti program Halaqah Tarbawi maka semakin baik juga akhlak mereka sehari-hari. Metode yang digunakan pada penelitian ini yakni, metode asosiatif kolerasional. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara, dokumentasi dan observasi. Penelitian ini melibatkan siswa Nurul Iman Boarding School dengan sampel sebanyak 40 orang yang diambil dari 40% populasi siswa sebanyak 101 orang siswa. Analisis data kualitatif menggunakan logika serta analisis data kuantitatif menggunakan pendekatan statistik. Hasil pengolahan data menunjukan bahwa (1) realitas siswa pada saat mengikuti program Halaqah Tarbawi termasuk pada kategori tinggi. Hal ini berdasarkan hasil rata-rata pengolahan angket sebesar 3,54 yang terletak pada interval 3,40 – 4,19, (2) realitas akhlak siswa sehari-hari termasuk pada kategori baik. Hal ini berdasarkan rata-rata hasil pengolhan angket sebesar 4,09 yang terletak pada interval 4,20 – 5,00, (3) hubungan antara aktivitas siswa mengikuti program halaqah tarbawi dengan akhlak merek sehari-hari sebesar 0,67. Angka tersebut berada pada rentang 0,60 – 0,79 dengan kualifikasi kuat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Siswa; Program Halaqah Tarbawi; Akhlak;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nida Nur Fadhilah
Date Deposited: 26 Nov 2021 05:32
Last Modified: 26 Nov 2021 05:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46508

Actions (login required)

View Item View Item