Pengaruh penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) barang bekas terhadap kreativitas anak usia dini : Kuasi eksperimen pada kelompok B di RA Al-Ikhlas Cikalongwetan Bandung Barat

Dila, Ruvita Salsa (2021) Pengaruh penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) barang bekas terhadap kreativitas anak usia dini : Kuasi eksperimen pada kelompok B di RA Al-Ikhlas Cikalongwetan Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas anak di Indonesia. Salah satunya terjadi pada kelompok B RA Al-Ikhlas Cikalongwetan Bandung Barat. Di mana terdapat anak yang kurang kreatif dalam berkreasi, berkarya, dan menciptakan sesuatu yang baru, serta terdapat anak yang cenderung pasif dan tidak percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kreativitas anak usia dini dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelompok B RA Al-Ikhlas Cikalongwetan Bandung Barat, 2) kreativitas anak usia dini dengan menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE) barang bekas pada kelompok B RA Al-Ikhlas Cikalongwetan Bandung Barat, dan 3) pengaruh penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) barang bekas terhadap kreativitas anak usia dini pada kelompok B RA Al-Ikhlas Cikalongwetan Bandung Barat. Penelitian ini didasari oleh pemikiran bahwa dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan kreativitas anak, khususnya di lingkungan sekolah dapat dilakukan melalui kegiatan bermain sambil belajar menggunakan media pembelajaran yang bernilai edukatif atau biasa disebut dengan Alat Permainan Edukatif (APE). Adapun APE yang dapat membantu mengembangkan kreativitas anak pada kelompok B RA Al-Ikhlas Cikalongwetan Bandung Barat adalah dari barang bekas, karena mudah didapat di lingkungan sekitar. Hipotesis pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) barang bekas terhadap kreativitas anak usia dini pada kelompok B RA Al-Ikhlas Cikalongwetan Bandung Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah kelompok B di RA Al-Ikhlas Cikalongwetan Bandung Barat dengan jumlah sampel 12 orang anak. Kemudian dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu 6 orang untuk kelompok kontrol dan 6 orang untuk kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa kreativitas anak usia dini dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelompok B RA Al-Ikhlas Cikalongwetan Bandung Barat diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 63,33 dan nilai rata-rata posttest sebesar 67,5 dengan kriteria MB (Mulai Berkembang). Sedangkan kreativitas anak usia dini dengan menggunakan APE barang bekas pada kelompok B RA Al-Ikhlas Cikalongwetan Bandung Barat diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 65 dan nilai rata-rata posttest sebesar 84,92 dengan kriteria BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) barang bekas terhadap kreativitas anak usia dini pada kelompok B di RA Al-Ikhlas Cikalongwetan Bandung Barat. Didukung oleh hasil hasil perhitungan nilai thitung yang lebih besar dari ttabel, yaitu 4,04 > 2,23.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE); pendidikan anak usia dini; metode pembelajara;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Ruvita Salsa Dila
Date Deposited: 29 Nov 2021 02:25
Last Modified: 29 Nov 2021 02:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46291

Actions (login required)

View Item View Item