Pemanfaatan e-Learning dan quiz online pengaruhnya terhadap motivasi dan prestasi kognitif siswa pada pelajaran PAI di SDN 189 Neglasari

Aeni, Devi Nur (2021) Pemanfaatan e-Learning dan quiz online pengaruhnya terhadap motivasi dan prestasi kognitif siswa pada pelajaran PAI di SDN 189 Neglasari. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (519kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA: Berdasarkan hasil studi pendahuluan tepat di hari Senin, 11 Januari 2021 pandemi corona semakin merajalela. Wabah covid19 yang sering disebut dengan virus corona, menjadikan proses pembelajaran yang semula diadakan dengan sistem tatap muka, sekarang dialihkan menjadi sistem pembelajaran jarak jauh. Sistem ini membutuhkan sebuah media yang dapat menjembatani komunikasi dan membangun hubungan antara pendidik dengan peserta didik. Peneliti mengambil e-learning google classroom yang dikombinasi dengan media quizizz pada proses pembelajaran PAI di SDN 189 Neglasari. Media e-learning google classroom dan quizizz memiliki tampilan, program, dan fungsi yang berbeda, sehingga peneliti mengkombinasikan keduanya, dengan harapan bisa mencapai suatu tujuan pembelajaran dengan efektif dan efisien. Tujuan penelitian yang dilakukan di SDN 189 Neglasari ini untuk mengetahui; 1) Pemanfaatan e-learning dan quiz online terhadap pelajaran PAI di SDN 189 Neglasari; 2) Pemanfaatan e-learning dan quiz online terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran PAI di SDN 189 Neglasari; 3) Pemanfaatan e-learning dan quiz online terhadap prestasi kognitif siswa pada pelajaran PAI di SDN 189 Neglasari; 4) Pengaruh pemanfaatan e-learning dan quiz online terhadap motivasi dan prestasi kognitif siswa pada pelajaran PAI di SDN 189 Neglasari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, tes, observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistic untuk data kuantitatif serta melakukan analisis parsial perindikator dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan; 1) Realitas pemanfaatan e-learning dan quiz online terhadap pelajaran PAI di SDN 189 Neglasari termasuk pada kualifikasi tinggi karena ditunjukkan dengan nilai rata-rata 4,16 dan angka tersebut berada pada interval 3,40 – 4,19. 2) Realitas pemanfaatan e-learning dan quiz online terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran PAI di SDN 189 Neglasari termasuk pada kualifikasi sangat tinggi karena ditunjukkan dengan nilai rata-rata 4,21 dan angka tersebut berada pada interval 4,20 – 5,00. 3) Realitas pemanfaatan e-learning dan quiz online terhadap prestasi kognitif siswa pada pelajaran PAI di SDN 189 Neglasari termasuk pada kualifikasi memiliki hubungan yang kuat karena ditunjukkan dengan nilai rata-rata 0,618 dan angka tersebut berada pada rentang 0,50 – 0,69. Serta terdapat perbedaan kemampuan pemahaman PAI siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan diterapkannya pembelajaran e-learning classroom dan quizizz pada proses pembelajaran PAI di SDN 189 Neglasari. 4) Realitas pengaruh pemanfaatan e-learning dan quiz online terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa pada pelajaran PAI di SDN 189 Neglasari. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh (Sig < 0,05), maka H0 ditolak sehingga kesimpulannya: “Terdapat hubungan antara pemanfaatan e-learning dan quiz online dengan motivasi dan prestasi kognitif siswa atau dapat dikatakan bahwa pemanfaatan e-learning dan quiz online memberikan pengaruh terhadap motivasi dan prestasi kognitif secara bersama-sama”. Pemanfaatan e-learning dan quiz online memberikan pangaruh sebesar 76,3% terhadap motivasi dan prestasi kognitif siswa, sisanya 23,7 % dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian peneliti merekomendasikan untuk penelitian selanjutnya tentang pengaruh bimbingan orangtua ketika belajar di rumah terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa pada pelajaran PAI. ENGLISH: Based on the results of the preliminary study, on Monday, January 11, 2021, the corona pandemic is increasingly rampant. The Covid-19 outbreak, which is often referred to as the corona virus, has made the learning process that was originally held with a face-to-face system, now turned into a distance learning system. This system requires a media that can bridge communication and build relationships between educators and students. The researcher took google classroom e-learning combined with quizizz media in the PAI learning process at SDN 189 Neglasari. The e-learning media google classroom and quizizz have different appearances, programs, and functions, so that researchers combine the two, in the hope of achieving a learning goal effectively and efficiently. The purpose of this research conducted at SDN 189 Neglasari is to find out; 1) Utilization of e-learning and online quizzes for PAI lessons at SDN 189 Neglasari; 2) Utilization of e-learning and online quizzes on students' learning motivation in PAI lessons at SDN 189 Neglasari; 3) Utilization of e-learning and online quizzes on students' cognitive achievement in PAI lessons at SDN 189 Neglasari; 4) The effect of using e-learning and online quizzes on students' motivation and cognitive achievement in PAI lessons at SDN 189 Neglasari. This study uses descriptive methods, data collection techniques using questionnaires, tests, observations, interviews and document studies. The data analysis technique in this study uses a logical approach for qualitative data and a statistical approach for quantitative data and performs a partial analysis of indicators and correlation analysis. Based on the results of data analysis, the conclusions obtained; 1) The reality of the use of e-learning and online quizzes for PAI lessons at SDN 189 Neglasari is included in high qualifications because it is indicated by an average score of 4.16 and the figure is in the interval 3.40 – 4.19. 2) The reality of the use of e-learning and online quizzes on students' learning motivation in PAI lessons at SDN 189 Neglasari is included in very high qualifications because it is indicated by an average value of 4.21 and the figure is in the interval 4.20 – 5.00. 3) The reality of the use of e-learning and online quizzes on students' cognitive achievement in PAI lessons at SDN 189 Neglasari including qualifications has a strong relationship because it is indicated by an average value of 0.618 and the figure is in the range of 0.50 – 0.69. And there are differences in students' understanding of PAI before and after participating in learning with the implementation of e-learning classroom and quizizz learning in the PAI learning process at SDN 189 Neglasari. 4) The reality of the effect of using e-learning and online quizzes on students' motivation and learning achievement in PAI lessons at SDN 189 Neglasari. Based on the calculation of the hypothesis test obtained (Sig < 0.05), then H0 is rejected so that the conclusion is: "There is a relationship between the use of e-learning and online quizzes with students' motivation and cognitive achievement or it can be said that the use of e-learning and online quizzes has an influence on motivation and cognitive achievement together”. The use of e-learning and online quizzes has an influence of 76.3% on students' motivation and cognitive achievement, the remaining 23.7% is influenced by other factors. Thus, the researcher recommends for further research on the effect of parental guidance when studying at home on students' motivation and learning achievement in PAI lessons. ARABIC: بِنَاءً عَلَى نَتَائِجِ دِرَاسَةِ أَوْلِيَةِ يَوْمِ اْلِاثْنَيْنِ 11 يَنَايِرُ 2021 ، تَفْشَى جَائِحَةُ كُورُونَا بِشَكْلِ مُتَزَايِدِ ، حَيْثُ بَلَغَ عَدَدَ اْلمَصَابِيْنَ بِفِيْرُوْسِ كُوْرُوْنَا 836718 شَخْصًا ، وَتَعَافَي 688739 شَخْصًا ، وَتَوَفَي 24343 شَخْصًا. أَدَى تَفْشَي قُوْفِيْد 19 ، وَالَّذِيْ يَشَارُ إِلَيْهِ غَالِبًا بِاسْمِ فِيْرُوْسِ كُوْرُوْنَا ، إِلَى تَحْوِيْلِ عَمَلِيَةِ التَّعَلُّمِ اَّلتِي كَانَتْ تُجْرَى فِي اْلأَصْلِ بِنِظَامِ وَجْهاً لِوَجْهِ ، إِلَى نَظَامِ التَّعَلُّمِ عَنْ بَعْدِ. يَتَطَلَّبُ هَذَا النِّظَامُ وَسِيْلَةٍ إِعْلَامِ يَمْكَنُهَا رَبْطُ اْلاِتِّصَالِ وَبِنَاءُ الْعَلَاقَاتِ بَيْنَ اْلمُعَلِّمِيْنَ وَالطُّلَّابُ. أَخَذَ اْلبَاحِثُ التَّعَلُّمِ اْلإِلِكْترُوْنِي لِلْفُصُوْلِ الدِّرَاسِيَةِ مِنْ غُوْغلِ جَنْبًا إِلَى جَنَبٍ مَعَ وَسَائِطِ قُوِيْزِزْ فِي عَمَلِيَةِ التَّعَلُّمِ التَّرْبِيَةِ اْلِاسْلَامِيَةِ في اْلمَدْرَسَةِ اْلاِبْتِدَائِيَةِ اْلعَامَّةِ نَيغْلَاسَارِى . تَتَمَيِّزُ اْلفُصُوْلُ الدِّرَاسِيَةِ وَاْلاِخْتِبَارَاتِ اْلخَاصَّةِ بِوَسَائِطِ التَّعَلُّمِ اْلإِلِكْترُوْنِي فِي غُوْغلِ بِمَظَاهِرِ وَبَرَامِجُ وَوَظَائِفُ مُخْتَلِفَةً ، بِحَيْثُ يَجْمَعُ اْلبَاحِثُوْنَ بَيْنَ اْلاِثْنَيْنِ ، عَلَى أَمَلِ تَحْقِيْقِ هَدْفُ التَّعَلُّمِ بِفَعَالِيَةِ وَكَفَاءَةٍ. اَلْغَرْضُ مِنْ هَذَا اْلبَحْثِ الَّذِي تَمَّ إِجْرَاؤُهُ فِي اْلمَدْرَسَةِ اْلاِبْتِدَائِيَةِ اْلعَامَّةِ نَيغْلَاسَارِى هُوَ مَعْرِفَةٌ ؛ 1) تَعَلَّمَ اْلفُصُوْلُ الدِّرَاسِيَةِ فِي غُوْغلِ وَمُسَابَقَةٌ فِي دُرُوْسِ التَّرْبِيَةِ اْلِاسْلَامِيَةِ في اْلمَدْرَسَةِ اْلاِبْتِدَائِيَةِ اْلعَامَّةِ نَيغْلَاسَارِى ؛ 2) وَاقَعَ تَحْفِيْزُ تَعَلَّمَ الطُّلَّابُ فِي دُرُوْسِ التَّرْبِيَةِ اْلِاسْلَامِيَةِ في اْلمَدْرَسَةِ اْلاِبْتِدَائِيَةِ اْلعَامَّةِ نَيغْلَاسَارِى ؛ 3) واقع تحصيل الطلاب في دروس التَّرْبِيَةِ اْلِاسْلَامِيَةِ في اْلمَدْرَسَةِ اْلاِبْتِدَائِيَةِ اْلعَامَّةِ نَيغْلَاسَارِى ؛ 4) تأثير التعليم الإلكتروني في غُوْغلِ الْكِيْلَسْرُوْمِ وَاْلاِخْتَبَارَاتِ اْلقَصِيْرَةِ عَلَى زِيَادَةِ تَحْفِيْزِ الطُّلَّابِ وَتَحْصِيْلِهِمِ التَّعْلِيْمِي فِي دُرُوْسِ التَّرْبِيَةِ اْلِاسْلَامِيَةِ في اْلمَدْرَسَةِ اْلاِبْتِدَائِيَةِ اْلعَامَّةِ نَيغْلَاسَارِى. يَعْتَمِدُ هَذَا اْلبَحْثُ عَلَى فِكْرَةٍ أَنْ دَافِع الطٌّلَّابِ وَإِنْجَازُهُمْ يَتَأْثِرَانِ بِعَوَامِلِ مُخْتَلِفَةً ، بِمَا فِي ذَلِكَ فَصْلِ التَّعَلُّمِ اْلإِلِكْترُوْنِي وَاْلاِخْتِبَارِ. اَلْفَرْضِيَةُ هِيَ أَنَّهُ كُلَّمَا زَادَ تَأْثِيْرُ التَّعَلُّمِ اْلإِلِكْترُونِي عَلَى غُوْغلِ الْكِيْلَسْرُوْمِ وَ قُوِيْزِزْ ، زاد التحفيز والتحصيل التعليمي للطلاب. من ناحية أخرى ، كلما انخفض تأثير التعلم الإلكتروني على غُوْغلِ الْكِيْلَسْرُوْمِ وَ قُوِيْزِزْ ، قَلَ التَّحْفِيْزُ وَاْلإِنْجَازُ التَّعْلِيْمِي لِلطُّلَّابِ. تَسْتَخْدِمُ هَذِهِ الدِّرَاسَةُ اْلأَسَالِيْب اْلوَصْفِيَّةِ وَأَسَالِيْبُ جَمْعُ اْلبَيَانَاتِ بِاسْتِخْدَاِم اْلاِسْتِبْيَانَاتِ وَاْلاِخْتِبَارَاتِ وَاْلمُلاَحَظَاتِ وَاْلمُقَابَلَاتِ وَدِرَاسَاتِ الْوَثَائِقِ. تَسْتَخْدِمُ تَقْنِيَةُ تَحْلِيْلُ اْلبَيَانَاتِ ِفي هَذِهِ الدِّرَاسَةُ نَهْجًا مَنْطِقِيًا لِلْبَيَانَاتِ النَّوْعِيذَةِ وَمِنْهَجًا إِحْصَائِيًا لِلْبَيَانَاتِ الْكَمِيَّةِ وَتَقُوْمُ بِتَحْلِيْلِ جَزَئِي لِلْمُؤْشِرَاتِ وَتَحْلِيْلِ اْلاِرْتِبَاطِ. بِنَاءً عَلىَ نَتَائِجَ تَحْلِيْلِ اْلبَيَانَاتِ ، اَلْاِسْتِنْتَاجَاتُ اَّلتِي تَمَّ الْحُصُوْلِ عَلَيْهَا ؛ 1) يُشاَرُ إِلَى وَاقَعَ التَّعَلُّمِ اْلإِلِكْترُوْنِي فِي اْلفُصُوْلِ الدِّرَاسِيَةِ وَاْلاِخْتِبَارَاتِ بِمُتَوَسِطِ قِيْمَةٍ 4.16 وَيَتِمُّ تَضْمِيْنَ هَذَا الرَّقْمُ فِي اْلمَؤْهَلِ اْلعَالِي لِأَنَّهُ يَقَعَ فِي اْلفِتْرَةِ 3.40 - 4.19. 2) يُشَارُ إِلَى وَاقِعٍ دَافِعٍ تَعَلُّمُ الطَّالِبَ فِي دُرُوْسٍ التَّرْبِيَةِ اْلِاسْلَامِيَةِ في اْلمَدْرَسَةِ اْلاِبْتِدَائِيَةِ اْلعَامَّةِ نَيغْلَاسَارِى بِمُتَوَسِطِ قِيْمَةٍ 4.21 وَيَتِمُّ تَضْمِيْنَ هَذاَ الرَّقْمُ فِي اْلمَؤَهْلِ اْلعَالِي جِدًا لِأَنَّهُ يَقَعُ فِي اْلفِتْرَةِ 4.20 - 5.00. 3) يُشَارُ إِلَى وَاقِعِ تَحْصِيْلِ الٌّطلَّابِ فِي دُرُوْسِ التَّرْبِيَةِ اْلِاسْلَامِيَةِ في اْلمَدْرَسَةِ اْلاِبْتِدَائِيَةِ اْلعَامَّةِ نَيغْلَاسَارِى بِمُتَوَسِطِ قِيْمَةٍ 0.618 وَهَذَا الرَّقْمُ مَدْرَجٍ فِي اْلمُؤْهَلَاتِ ، وَالَّتِي لَهَا عَلَاقَةٌ قَوِيَّةٌ لِأَنَّهَا فِي نَطَاقٍ 0.50 - 0.69. وَهُنَاكَ اخْتِلَافَاتُ فِي فَهْمِ الطُّلَّابِ لِالتَّرْبِيَةِ اْلِاسْلَامِيَةِ قَبْلَ وَبَعْدَ الْمُشَارَكَةِ فِي التَّعَلُّمِ مَعَ تَنْفِيْذِ فَصْلِ التَّعَلُّمِ اْلإِلِكْترُوْنِي وَاخْتِبَارُ التَعَلُّمِ فِي عَمَلِيَةِ التَّعَلُّمِ فِي التَّرْبِيَةِ اْلِاسْلَامِيَةِ في اْلمَدْرَسَةِ اْلاِبْتِدَائِيَةِ اْلعَامَّةِ نَيغْلَاسَارِى . 4) وَاقَعَ التَّعَلُّمِ اْلإِلِكْترُوْنِي فِي اْلفُصُوْلِ الدِّرَاسِيَةِ وَ قُوِيْزِزْ لَهُ تَأْثِيْرُ عَلَى تَحْفِيْزِ الطُّلَّابِ وَإِنْجَازِهِمِ التَّعْلِيْمِي فِي دُرُوْسِ التَّرْبِيَةِ اْلِاسْلَامِيَةِ في اْلمَدْرَسَةِ اْلاِبْتِدَائِيَةِ اْلعَامَّةِ نَيغْلَاسَارِى. بِنَاءً عَلَى حِسَابٍ اِخْتِبَارِ اْلفَرْضِيَةِ الَّذِي تَمَ اْلحُصُوْلِ عَلَيْهِ ، يَتِمُّ رَفْضٌ بِحَيْثُ تَكُوْنُ النَّتِيْجَةً: "هُنَاكَ عَلَاقَةٌ بَيْنَ التّعَلُّمِ الْإِلِكْترُونِي فيِ اْلفُصُولِ الدِّرَاسِيَةِ وَاْلاِخْتِبَارَاتِ الْقَصِيْرَةِ مَعَ تَحْفِيْزِ الطَّالِبِ وَتَحْصِيْلِ التَعَلُّمِ أَوْ يُمْكِنُ الْقَوْلِ أَنِ التَعَلُّمِ اْلفُصُوْلِ الدِّرَاسِيَةِ وَاْلاِخْتِبَارَاتِ لِلتَعَلُّمِ اْلإِلِكْترُوْنِي لَهَا تَأْثِيْرُ عَلَى التَّحْفِيْزِ وَالتَّحْصِيْلِ التَّعْلِيْمِي مَعًا ". يَعْطِي التَعَلُّمُ اْلإِلِكْترُوْنِي فِي الْفُصُوْلِ الدِّرَاسِيَةِ وَاْلاِخْتِبَارَاتِ الْقَصِيْرَةِ تَأْثِيْرًا بِنَسَبَةٍ 76.3٪ عَلَى تَحْفِيْزِ الطُّلَّابِ وَتَحْصِيْلِهِمِ التَّعْلِيْمِي ، بَيْنَمَا تَتَأْثِرُ نَسَبَةً 23.7٪ اَلْمُتَبَقِيَّةُ بِعَوَامِلِ أُخْرَى.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: e-Learning; Quiz Online; PAI; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Devi NUr Aeni
Date Deposited: 04 Nov 2021 09:03
Last Modified: 20 Jan 2022 04:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46001

Actions (login required)

View Item View Item