Problematika petani garam di era digital : Studi kasus pada masyarakat di Desa Waruduwur Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon

Barokah, Umi (2021) Problematika petani garam di era digital : Studi kasus pada masyarakat di Desa Waruduwur Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta sosial yang berupa banyaknya problematika petani garam di Desa Waruduwur Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: 1). Bagaimana kondisi kesejahteraan masyarakat petani garam di Desa Waruduwur Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon? 2). Apa saja problematika yang dihadapi petani garam pasca adanya kebijakan impor garam di Desa Waruduwur Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon? 3). Bagaimana teknologi digital mempengaruhi sosial ekonomi petani garam di Desa Waruduwur Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon? Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Kelas Sosial dari Karl Marx yang menyatakan, Materialisme Historis merupakan istilah yang sangat berguna untuk memberi nama pada asumsi-sumsi dasar menganai teorinya. Dari The Communist Manifesto dan Das Kapital, dimana penekanan Marx adalah pada kebutuhan materil dan perjuangan kelas sebagai akibat dari usaha-usaha memenuhi kebutuhan-kebutuhan. Menurut Marx, suatu pemahaman ilmiah yang dapat diterima tentang gejala sosial menuntut ilmuwan untuk mengambil sikap yang benar terhadap hakikat permasalahan itu. Penelitian ini ingin membuktikan bahwa, teori tersebut menguatkan dengan fakta sosial yang sesuai di lapangan dalam kehidupan Petani Garam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Alasanya, bermaksud untuk memotret fakta sosial yang berupa kata-kata dengan tidak menggunakan data-data angka pada saat penelitian berlangsung. Sedang, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dilakukan dengan cara observasi langsung, dokumetasi dan wawancara. Adapun teknik analisis data yaitu menggunakan langkah-langkah reduksi serta penyajian data maka dilakukan pencocokan dengan melakukan peninjauan ulang informasi agar dapat ditarik kesimpulan penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1). Kondisi kesejahteraan masyarakat Desa Waruduwur Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon pada saat pelaksanaan penelitian menunjukkan kondisi dapat dikatakan makmur. Hal ini dibuktikan dengan banyak masyarakat yang memiliki sumber daya yang cukup untuk memenuhi segala kebutuhan mereka. seperti, tanah, kendaraan dan lain sebagainya. 2). Adapun problematika yang dihadapi petani garam adalah menurunya harga pasar, cuaca yang tidak menentu, alat dan bahan tidak memenuhi standar pemerintah, kurangnya kerjasama antar pengepul dan pemerintah dan kurangnya penyuluhan dari pemerintah. 3). Dengan adanya teknologi digital, ternyata mempengaruhi kondisi sosial ekonomi petani garam di Desa Waruduwur Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon hal ini dibuktikan dengan bisa terjadinya transaksi langsung petani garam dengan konsumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kesejahteraan; problematika; teknologi digital;
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Sociology and Anthropology, Society > Nonliterate Societies
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to Other Groups
Technology, Applied Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Umi Barokah
Date Deposited: 03 Nov 2021 02:07
Last Modified: 03 Nov 2021 02:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45845

Actions (login required)

View Item View Item