Analisa personal branding @Tasyaletha melalui TikTok

Syarif, Yulia (2021) Analisa personal branding @Tasyaletha melalui TikTok. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (694kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy

Abstract

Gelombang media sosial melanda kehidupan kita yang pada akhirnya menuntut setiap orang meningkatkan cara-cara dan pendekatan guna membangun personal branding. Kini penilaian orang lain terhadap pribadi seseorang juga didasarkan pada perilaku mereka di media sosial. Personal Branding merupakan proses membentuk persepsi masyarakat terhadap aspek-aspek yang dimiliki oleh seseorang meliputi kepribadian, kemampuan atau nilai-nilai. Beberapa hal tersebut dinilai dapat menimbulkan persepsi positif dari masyarakat. Salah satu influencer pada akun TikTok @tasyaletha memanfaatkan media sosial TikTok untuk membentuk personal branding yang berisikan konten-konten dibidang fashion. Tujuan dari penelitian ini ialah agar bisa mengetahui aktifitas secara langsung terkait akun TikTok @tasyaletha sebagai bentuk personal branding dengan konsep Circle P. Konsep Circle P yang dimaksud dalam penelitian ini meliputi Competency, Connectivity, Creativity, Complience dan Contributions. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode deskriptif. Metode deskriptif merupakan suatu metode dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah untuk membuat deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis, factual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Hasil dari penelitian ini yakni pada pertama Aspek Competency yang ada pada diri Tasya ternyata relevan dengan pekerjaannya saat ini sebagai fashion reviewer di media sosial TikTok. Kemampuan Tasya sebagai seorang fashion reviewer sangat menentukan personal brandingnya, baik di dunia nyata atau media sosial TikTok. Sehingga dengan kemampuannya tersebut, berhasil mendapat penilaian publik mengenai kepribadian Tasya. Kedua, Aspek Connectivity dibangun melalui interaksi antara Tasya dengan followers. Tasya memiliki tiga strategi dalam membangun interaksi dengan para pengguna TikTok, yaitu diantaranya membuat konten yang dibutuhkan oleh followers, memberikan give away dan membalas komentar yang masuk pada postingan di media sosial TikTok. Ketiga Aspek Creativity yang dibangun oleh Tasya berupa pembuatan konten dengan alat dan aplikasi edit yang terbilang sederhana. Kebanyakan konten-konten yang Tasya buat ialah hasil dari kamera smartphone-nya. Selain itu, materi konten yang dibuat disetiap konten selalu bersifat up to date sesuai dengan tren terkini. Keempat, Aspek Compliance dan Contributions yang dibangun oleh Tasya terbilang cukup menarik. Upaya Tasya untuk menjaga reputasi di mata followersnya dilakukan dengan konsep kesederhanaan, orisinalitas dan kejujuran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Personal Branding; Media Sosial; TikTok
Subjects: Systems > Theory of Communication and Control
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Yulia Syarif
Date Deposited: 02 Nov 2021 01:39
Last Modified: 02 Nov 2021 01:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45746

Actions (login required)

View Item View Item