Profesionalisme wartawan Otomotif: Studi fenomenologi terhadap profesionalime wartawan Grup Media Bintang Langit Multimedia

Harminudin, Aji Pangestu (2021) Profesionalisme wartawan Otomotif: Studi fenomenologi terhadap profesionalime wartawan Grup Media Bintang Langit Multimedia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy

Abstract

PT. Bintang Langit Multimedia melalui OtoDriver.com, Otorider.com, dan Bus-Truck.id. merupakan media digital yang menjawab kebutuhan informasi para pecinta otomotif motor, mobil, ataupun kendaraan komersial. Wartawan pada media ini dituntut untuk menyajikan konten terkait spesifikasi, keunggulan, dan kelemahan serta perawatan kendaraan. Wartawan harus memiliki kompetensi dalam mendeskripsikan dan memberitahu khalayak. Maka dari itu wartawan otomotif perlu meningkatkan kompetensinya agar lebih profesional dan menunjukan sikap-sikap profesionalisme demi menjaga keabsahan informasi yang akan disampaikan dan tetap bertahan di era persaingan yang semakin ketat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kinerja seorang wartawan otomotif yang profesional itu seperti apa dalam proses pembuatan berita, dilihat dari aspek pemahaman terhadap norma teknis, pemaknaan terhadap norma etis, serta pengalaman dan pelatihan khusus. Penelitian ini mengacu pada teori fenomenologi. Teori ini menjabarkan suatu kejadian yang disadari oleh kesadaran dari diri individu itu sendiri. “Studi fenomenologi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan konsep fenomenologi dimana dunia sosial adalah realitas interpretif” (Schutz dalam Kuswarno, 2009: 110). Secara istilah fenomenologi memiliki arti persepsi atau pandangan seseorang terhadap suatu kejadian, peristiwa, objek dan gejala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan paradigma penelitian kontruktivisme. Paradigma konstruksionis ini menelusuri suatu kejadian, bagaimana dan dengan cara terbentuknya suatu fenomena tersebut. Metode yang digunakan adalah deskriptif-fenomenologi. Kemudian, data yang digunakan adalah data primer dengan melalui observasi, wawancara mendalam dan analisis data yang digunakan melalui reduksi data, penyajian data, dan analisis data serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Seorang wartawan otomotif professional merupakan wartawan yang memahami norma teknis, seperti mencari, meliput, mengumpulkan dan mengemas hingga berita itu disajikan kepada masyarakat, serta dapat mengetahui bagaimana tantangan dan persaingan di dunia digital saat ini; (2) Seorang wartawan otomotif professional merupakan wartawan yang dapat memaknai norma etis, seperti kewajiban kepada pembaca serta nilai-nilai seperti tanggung jawab, sikap tidak memihak, sikap peduli, sikap adil, objektif, dan yang lainnya yang tercermin dalam produk berita yang dihasilkannya; dan (3) ketiga informan juga mengikuti berbagai pelatihan utamanya dalam bidang jurnalistik, selain daripada learning by doing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: profesionalisme; wartawan; otomotif; fenomenologi; jurnalisme
Subjects: Occupational Ethics
Occupational Ethics > Other Professions and Occupations
Other Ethical Norms
Other Branches of Engineering > Part of Vehicles
Other Branches of Engineering > Engine of Vehicles
Other Branches of Engineering > Maintenance and Repair of Vehicles
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Aji Pangestu Harminudin
Date Deposited: 26 Oct 2021 03:59
Last Modified: 26 Oct 2021 03:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45425

Actions (login required)

View Item View Item