Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap penggunaan Social Media Marketing Panel pada akun instagram Invitasee

Anshoruddin, Muhammad Luthfi (2021) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap penggunaan Social Media Marketing Panel pada akun instagram Invitasee. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (746kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini praktik jual beli secara online semakin masif dan menimbulkan banyak persaingan. Konsumen cenderung lebih selektif dalam menentukan pilihan. Termasuk yang dialami oleh Invitasee dengan toko online¬-nya di instagram. Berbagai cara dilakukan agar tetap menjadi pilihan konsumen. Salah satunya dengan menggunakan Social Media Marketing Panel sebagai alat untuk melakukan promosi. Dalam praktiknya, seringkali dihadapkan pada kejelasan boleh atau tidak, serta halal atau haram jika ditinjau dari sudut pandang etika dan hukum ekonomi syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme penggunaan social media marketing panel pada akun instagram Invitasee berdasarkan tinjauan hukum ekonomi syariah. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini berdasarkan pada ketentuan ayat-ayat Al-Quran dan hadis yang berhubungan dengan akad ijarah atau jual beli jasa, prinsip dan etika bisnis dalam hukum ekonomi Syariah, Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (KHES), fatwa DSN-MUI dan kaidah fikih muamalah sebagai penunjang untuk mendapatkan pemahaman konkrit mengenai ijarah dan etika bisnis dalam hukum ekonomi syariah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif analitis yaitu penulis mencari suatu fakta yang terjadi dengan interpretasi yang tepat seperti masalah-masalah yang terjadi dalam kegiatan bisnis, serta tata cara yang berlaku dalam bisnis oleh akun instagram Invitasee meliputi pihak yang bertransaksi, produk dan jasa, pemasaran dan penjualan. Penulis megumpulkan data dengan melakukan wawancara kepada pelaku usaha, pembeli, serta masyarakat umum. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan social media marketing panel pada akun instagram Invitasee mengandung unsur rekayasa yang menipu konsumen dan tergolong ke dalam praktik bai’ najasy. Dalam melakukan bisnis, pelaku usaha wajib jujur dan terbuka serta tidak mengelabui konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Syariah; Jual beli Online; Marketing
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Muhammad Luthfi Anshoruddin
Date Deposited: 26 Oct 2021 03:13
Last Modified: 26 Oct 2021 03:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45398

Actions (login required)

View Item View Item