Partisipasi Citizen Journalism di media online Ayobandung.com: Kebijakan redaksional Ayobandung.com dalam pemuatan berita Citizen Journalism

Nurahman, Ariel Teguh (2021) Partisipasi Citizen Journalism di media online Ayobandung.com: Kebijakan redaksional Ayobandung.com dalam pemuatan berita Citizen Journalism. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (513kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy

Abstract

Masyarakat yang sebelumnya dianggap hanya sebatas konsumen berita dalam media, kini dapat turut andil dalam penyebarannya yang biasa disebut sebagai citizen journalism atau jurnalisme warga, namun tidak dapat dipungkiri bahwa hal tersebut terjadi karena adanya suatu revolusi penyebaran informasi. Perkembangan teknologi yang semakin canggih, khususnya internet memberikan peluang bahwasannya siapapun bisa menjadi seorang jurnalis. Ada beberapa poin tujuan yang melandasi penelitian ini, yang pertama untuk mendefinisikan apa itu citizen journalism. Kedua untuk mengetahui dan menggambarkan kebijakan redaksional Ayobandung.com dalam rubrik Netizen. Ketiga untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk pemberitaan pada rubrik Netizen. Dan yang terakhir untuk mengetahui dampak atas kehadiran citizen journalism di Media online Ayobandung.com. Dalam mendunkung skripsi ini, penyusun memaparkan konsep citizen journalism, teori partisipasi, penyajian berita, serta kebijakan redaksi suatu media yang mana konsep tersebut mampu menjelaskan mengenai penelitian ini. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif karena penelitian yang dilakukan hasilnya akan menggambarkan objek yang diteliti dari data berupa tulisan maupun ucapan yang diperoleh dari hasil wawancara dan hasil temuannya nanti akan disajikan dalam uraian pembahasan sesuai dengan pendeskripsian objek. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukan bahwsannya Ayobandung.com menyediakan ruang bagi masyarakat atau citizen journalism untuk turut berbagi informasinya melalui rubrik Netizen, karena Ayobandung.com ingin melibatkan masyarakat dalam penyebaran pemberitaannya. Kemudian Ayobandung.com pun ingin menambah sudut pandang pemberitaan, bukan hanya dari sudut pandang media massa, tetapi juga dari sudut pandang masyarakat. Serta hadirnya rubrik Netizen ini adalah suatu inovasi Ayobandung.com dari jurnalisme masa kini. Bentuk pemberitaan di rubrik Netizen sendiri, seperti halnya bentuk pemberitaan di media-media massa pada umumnya, karya tulis yang disajikan mengandung nilai berita, serta penulisan disusun sesuai kaidah PUEBI. Dampak atas hadirnya citizen journalism sendiri saling menguntungkan bagi Ayobandung.com, maupun masyarakat. Ayobandung.com terbantu masyarakat atas isu-isu yang tak ter-cover wartawannya, dan masyarakat mendapat reward tersendiri dari Ayobandung.com atas karya tulisnya apabila dibaca oleh banyak orang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Citizen Journalism; Jurnalistik; Masyarakat; Media; ayobandung.com
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Civil Rights > Citizen Participation
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Ariel Teguh Nurahman
Date Deposited: 28 Oct 2021 07:24
Last Modified: 28 Oct 2021 07:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44905

Actions (login required)

View Item View Item