Pengaruh penggunaan media pembelajaran Lectora terhadap hasil belajar siswa : Penelitian pada siswa kelas VII A MTS YPP Darul Hikam Mata Pelajaran SKI

Subagja, Rizki (2021) Pengaruh penggunaan media pembelajaran Lectora terhadap hasil belajar siswa : Penelitian pada siswa kelas VII A MTS YPP Darul Hikam Mata Pelajaran SKI. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran daring yang terekesan monoton dan cenderung membosankan, karena sebagian besar siswa hanya melakukan pembelajaran melalui grup dan guru memberikan materi melalui pdf dan sebagainya, kemudian siswa mengerjakannya. Ini dikhawatirkan akan berpengaruh kepada hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk Mengetahui realitas penngunaan Media Pembelajaran Lectora Inspire di MTS YPP Darul Hikam kelas VII A 2) Untuk Mengetahui realitas hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTS YPP Darul Hikam kelas VII A 3) Untuk Mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran lectora inspire terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTS YPP Darul Hikam kelas VII A. Pemilihan media pembelajaran lectora adalah guna memberikan inovasi baru dalam pembelajaran daring agar siswa dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik, khususnya pada mata pelajan SKI yang mana mata pelajaran ini lebih condong pada cerita, yang jika materi disajikan kurang menarik akan berdampak pada siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif serta dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian deskriptif (descriptive reaserch) adalah mendeskripsikan situasi atau area populasi tertentu yang bersifat factual secara sistematis dan akurat. Sumber data primer adalah siswa MTS YPP Darul Hikam Banjaran kelas VIIA, serta sumber sekundernya adalah buku, jurnal, artikel, dan internet yang berkaitan. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah Tes, Observasi, Angket, dan Dokumentasi. Sedangakan untuk teknik Analisis data menggunakan analisis persial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi product moment, dan uji hipotesis Berdasarkan hasil penelitian, pengaruh penggunaan media pembelajaran lectora terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI dilihat dari hasil pemberian angket dan pemberian tes. Penggunaan media pembelajaran lectora yang masuk pada kriteria “baik” dengan jumlah skor 4,02, hasil belajar SKI di kelas VIIA MTs YPP Darul Hikam masuk kriteria “sedeng” dengan skor 60,66. Serta penggunaan media pembelajaran lectora inspire terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas VIIA di MTs YPP Darul Hikam sebesar 20,1% dan 79,9% adalah faktor yang mempengaruhinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Lectora; Media Pembelajaran
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizki Subagja
Date Deposited: 06 Oct 2021 05:02
Last Modified: 06 Oct 2021 05:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44649

Actions (login required)

View Item View Item