Pemberdayaan perempuan melalui program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dalam upaya meningkatkan ekonomi keluarga : Studi deskriptif pada kelompok UP2K-PKK Desa Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Handayani, Fitria (2021) Pemberdayaan perempuan melalui program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dalam upaya meningkatkan ekonomi keluarga : Studi deskriptif pada kelompok UP2K-PKK Desa Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy

Abstract

Peran perempuan di desa masih terkesan terpinggirkan, hal ini disebabkan oleh kondisi perempuan yang tidak berdaya dalam berbagai aspek, serta perempuan yang selalu dititikberatkan pada peran mengurus rumah tangga bukan sebagai agen pembangunan. Maka dari itu perlu adanya wadah untuk melakukan pemberdayaan terhadap perempuan. Program UP2K merupakah salah satu wadah yang bertujuan untuk memberdayakan kaum perempuan melalui kegiatan usaha sehingga dapat mengangkat status perempuan dari ketidakmandirian menjadi lebih mandiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana program pemberdayaan perempuan melalui UP2K, proses pelaksanaan dan hasil dari pemberdayaan perempuan melalui program UP2K dalam upaya meningkatkan ekonomi keluarga. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori pemberdayaan Edi Suharto, teori Feminisme, teori pemberdayaan Wilson yang menyatakan bahwa proses pemberdayaan merupakan suatu siklus yang dilakukan secara bertahap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada ketua dan anggota, observasi dilakukan untuk mengamati kegiatan, serta dokumentasi digunakan untuk pelengkap dalam memperoleh data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: program pemberdayaan perempuan melalui UP2K adalah salah satu program pemerintah untuk memberdayakan kaum perempuan sehingga dapat membantu dalam mengembangkan potensi dan keterampilan pada kegiatan wirausaha. Pelaksanaan kegiatan berupa pelatihan wirausaha serta pemberian bantuan modal usaha sehingga menghasilkan berbagai macam produk usaha seperti olahan makanan dan warung. Hasil pelaksanaan pemberdayaan perempuan melalui program UP2K yaitu dapat meningkatkan taraf hidup, pengetahuan dan keterampilan perempuan sehingga menjadikan perempuan yang produktif, mandiri, dan memiliki penghasilan sendiri sehingga dapat membantu dalam meningkatkan ekonomi keluarga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Perempuan; Program UP2K; Peningkatan Ekonomi Keluarga;
Subjects: Social Process > Social Change
Econmics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fitria Handayani
Date Deposited: 03 Oct 2021 16:11
Last Modified: 03 Oct 2021 16:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44351

Actions (login required)

View Item View Item