Gaya bahasa pada media CNBC Indonesia : Analisis gaya bahasa pada Headline Rubrik News Media Online CNBC Indonesia edisi Oktober-November 2020

Meilina, Widi Regina (2021) Gaya bahasa pada media CNBC Indonesia : Analisis gaya bahasa pada Headline Rubrik News Media Online CNBC Indonesia edisi Oktober-November 2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Penelitian ini ditunjukkan untuk mengetahui bagaimana penggunaan gaya bahasa pada headline rubrik News media CNBC Indonesia berdasarkan konsep Gorys Keraf, yang mana terbagi ke dalam 4 kelompok besar, serta menurutnya gaya bahasa yang baik harus memenuhi unsur sendi gaya bahasa, yakni kejujuran, sopan-santun, dan menarik. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif untuk membuat deskripsi secara sistematis mengenai hubungan antar fenomena. Hasil penelitian, pertama, penggunaan gaya bahasa pada 15 headline berita rubrik News CNBC Indonesia edisi Oktober-November 2020 memiliki gaya bahasa yang beragam sesuai dengan konsep gaya bahasa Gorys Keraf. Hal itu berarti penulisan headline rubrik News CNBC Indonesia memiliki kejelian dalam menggunakan gaya bahasa untuk memengaruhi minat bada audiens. Kedua, dari 15 headline tersebut ditemukan 5 headline yang sesuai dengan konsep sendi gaya bahasa Gorys Keraf, yakni mengandung unsur kejujuran, sopan-santun, dan menarik. Dimana kesatuan tiga unsur tersebut digunakan agar mudah dipahami serta menarik pembaca untuk membaca keseluruhan berita. ENGLISH : This research aims to find-out the style of language (stylistic) on headline in media online CNBC Indonesia October-November 2020 edition according to Gorys Keraf’s concept. According to Keraf’s concept, the use of a good style of language must achieve the three elements of stylistic joints, there is an honesty, politeness, and attractiveness. The method used is descriptive qualitative to make a systematic description of the relationship among the phenomena. The results of this research, first, the use of style of language in 15 headline has a variety of style of language. It means, the headlines of the CNBC Indonesia News rubric have foresight in using style of language. Second, among the 15 headlines there’s 5 headlines that contained the three elements of honesty, politeness, and attractiveness. Where the unity of those three elements is used to make it easy to undestand and attract readers to read the whole news.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gaya Bahasa; Headline; News; Media Online
Subjects: Use of Other Information Media > Reviews
Journalism and Newspapers in Indonesia
Applied Linguistics > Translating and Interpreting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Widi Regina Meilina
Date Deposited: 04 Oct 2021 02:34
Last Modified: 04 Oct 2021 02:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44270

Actions (login required)

View Item View Item