Kedudukan perempuan dalam trilogi novel Perpustakaan Kelamin karya Sanghyang Mughni Pancaniti: Analisis isi pesan dakwah kedudukan perempuan dalam trilogi novel Perpustakaan Kelamin karya Sanghyang Mughni Pancaniti

Indriyani, Indriyani (2021) Kedudukan perempuan dalam trilogi novel Perpustakaan Kelamin karya Sanghyang Mughni Pancaniti: Analisis isi pesan dakwah kedudukan perempuan dalam trilogi novel Perpustakaan Kelamin karya Sanghyang Mughni Pancaniti. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAT ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (852kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy

Abstract

Perempuan memiliki hak yang sama dengan lelaki dalam berbagai sektor, baik dalam sektor domestik maupun publik. Hak-hak tersebut tentu sangat berkaitan dengan peran yang mereka dapatkan. Seperti hal nya tokoh-tokoh perempuan yang digambarkan dalam trilogi novel Perpustakaan Kelamin karya Sanghyang Mughni Pancaniti, mereka berani untuk menyuaran haknya dan berani untuk mengambil peran dalam masyarakat. . Dengan bertujuan untuk mengetahui pesan dakwah tentang kedudukan perempuan dalam trilogi novel perpustakaan kelamin. Secara lebih rinci penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hak-hak perempuan apa saja yang terdapat di dalam novel tersebut, dan peran perempuan dalam kehidupan sehari-hari yang mencakup peran sebagai ibu rumah tangga, istri dan tokoh masyarakat. Juga untuk mengetahui sistematika dalam penyusunan pesan dakwah tersebut. Penelitian ini terfokuskan pada analisis isi atau Content analysis yaitu sebuah penulisan yang membahas lebih dalam terhadap isi dari suatu informasi yang ditulis maupun dicetak. Pelopor dari analisis isi (Content Analysis) adalah Harold D. Lasswell dimana pada model komunikasinya Lasswell mengungkapkan “who says what in which channel to whom with what effect”. Teori tersebut merupakan salah satu teori ilmu komunikasi yang mengungkapkan bahwa dalam proses komunikasi terdiri dari who (siapa), say what (pesan yang akan dianalisis), in which channel (media yang digunakan), to whom (penerima pesan/madh’u) with what effect (efek dari pesan yang disampaikan). Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dari teknik pengumpulan data membaca, mencatat, mengolah dan dokumentasi lain yang berkaitan dengan penelitian ini. Peneliti dapat melukiskan secara sistematis dan fakta, pesan dakwah Kedudukan Perempuan yang terdapat dalam novel Trilogi Perpustakaan Kelamin Karya Sanghyang Mughni Pancaniti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan dakwah kedudukan perempuan melalui hak-hak perempuan dan peran perempuan yang terdapat dalam novel ini ialah: Hak perempuan dalam menuntut ilmu sebanyak 18 pesan; Hak Perempuan Dalam Memilih dan Menentukan Pasangan Hidup sebanyak 3 pesan; Hak perempuan dalam bidang politik masyarakat sebanyak 5 pesan; Hak perempuan dalam menerima mahar dan nafkah 1 pesan; Hak perempuan untuk memiliki hasil usaha sendiri 1 pesan; peran perempuan sebagai ibu rumah tangga 16 pesan; dan Peran perempuan sebagai tokoh masyarakat sebanyak 8 pesan; dan Peran perempuan sebagai seorang istri sebanyak 6 pesan. Sedangkan hasil penelitian tentang sistematika penyusunan pesan dakwah yang terdapat dalam novel ini ialah: Urutan Topikal 9 paragraf; Urutan logis 6 paragraf; Urutan Deduktif 4 paragraf; Urutan Induktif 4 paragraf; Urutan Kronologis 3 paragraf; dan Urutan Spesial 1 paragraf.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perempuan;Dakwah;Pesan Dakwah;Dakwah Bil Qalam;
Subjects: The Book
Islam Umum
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Fikih Wanita
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Indriyani Indriyani
Date Deposited: 30 Sep 2021 03:21
Last Modified: 30 Sep 2021 03:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44177

Actions (login required)

View Item View Item