Pengaruh inflasi dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap return saham pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Kalbe Farma, Tbk. periode 2010-2020

Febriyanti, Tia (2021) Pengaruh inflasi dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap return saham pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Kalbe Farma, Tbk. periode 2010-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

Minat masyarakat untuk berinvestasi saham terbilang cukup tinggi untuk saat ini. Akses yang lebih mudah menjadi salah satu pertimbangan masyarakat untuk memilih saham sebagai alternatif pilihan investasi mereka. Dengan memiliki saham di sebuah perusahaan, investor akan memperoleh sebagian dari pendapatan dan kekayaan perusahaan setelah dikurangi semua kewajiban yang dinamakan dengan return saham. Faktor-faktor yang mempengaruhi return saham adalah faktor teknikal dan faktor fundamental yang diwakili oleh Inflasi dan Debt to Equity Ratio (DER). Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui: (1) menganalisis pengaruh inflasi secara parsial terhadap return saham pada PT. Kalbe Farma, Tbk, (2) menganalisis pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial terhadap return saham pada PT. Kalbe Farma, Tbk, (3) menganalisis pengaruh inflasi dan Debt to Equity Ratio (DER) secara simultan terhadap return saham pada PT. Kalbe Farma, Tbk. Periode 2010-2020. Kerangka pemikiran menunjukan bahwa Inflasi dan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh negatif terhadap return saham. Semakin tinggi nilai inflasi dan Debt to Equity Ratio (DER), maka nilai return saham akan semakin rendah, begitupun sebaliknya. Namun, return saham juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan publikasi PT. Kalbe Farma, Tbk dan website resmi Bank Indonesia periode 2010-2020. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan berganda, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi dan anlisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows versi 20.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial inflasi tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham yang ditunjukan dengan nilai thitung 2.063 dan koefisien determinasi 32.1%. Secara parsial Debt to Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham yang ditunjukan dengan nilai thitung -1.366 dan koefisien determinasi sebesar 17.2%. Kemudian secara simultan inflasi dan Debt to Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham yang ditunjukan dengan nilai fhitung 3.892 dan koefisien determinasi sebesar 49.3% pada PT. Kalbe Farma, Tbk. Periode 2010-2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Debt to Equity Ratio; inflasi
Subjects: Indonesia
Al-Hadits dan yang Berkaitan
Financial Economics, Finance
Administration of Economy > Administration of Commerce
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Farm, Farming
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Accounting > Accounting for Specific Organizations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Tia Febriyanti
Date Deposited: 29 Sep 2021 08:57
Last Modified: 29 Sep 2021 08:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44025

Actions (login required)

View Item View Item