Pesan dakwah pada channel YouTube YtCrash Islam

Agustian, Robby (2021) Pesan dakwah pada channel YouTube YtCrash Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy

Abstract

Saat ini internet sudah sangat melekat dan tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan masyarakat modern, internet menjadi prasarana kebutuhan masyarakat baik itu sebagai kebutuhan pekerjaan, pendidikan, bahkan untuk kebutuhan hiburan. YouTube menjadi salah satu platform yang dapat memenuhi kebutuhan hiburan masyarakat dan menjadi media massa alternatif selain televisi. YouTube juga merupakan salah satu jejaring sosial yang paling banyak diakses oleh masyarakat serta memiliki fitur membagikan video. Melihat hal itu, channel YtCrash Islam menggunakan platform YouTube ini sebagai media untuk menyalurkan karya dan kreativitas dengan menyisipkan pesan-pesan dakwah di dalam konten-kontennya.Penelitian ini dimaksudkan untuk menggali dan memahami bagaimana kategorisasi pesan dakwah informatif, persuasif, dan rekreatif yang terdapat di dalam konten-konten YtCrash Islam. Kerangka pemikiran yang digunakan adalah teori ekologi media oleh McLuhan, yaitu studi yang mempelajari tentang bagaimana media dan komunikasi yang terjadi di dalam media tersebut mempengaruhi dan mengubah persepsi manusia dengan menyatakan bahwa apapun yang digunakan manusia untuk berkomunikasi merupakan sebuahmedia. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah Interpretif dengan melakukan pendekatan analisis isi. Metode analisis isi merupakan teknik penelitian untuk membuat inferensi atau kesimpulan secara objektif dan identifikasi pada karaktersistik pesan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitiatif dengan teknik pengumpulan data melalui menyimak, mencatat, mengolah data dengan koding, observasi, serta dokumentasi pada objek penelitian.Hasil penelitian ini mengacu pada bagaimana bentuk pesan dakwah yang disampaikan dalam konten-konten YtCrash Islam. Dalam channel YtCrash Islam, ditemukan pesan dakwah sebanyak 42 pesan yang terdiri dari pesan dakwah informatif, persuasif, dan rekreatif. Pesan dakwah informatif berisi tentang sajian berita informasi ringan meliputi pesan aqidah, syari’ah, dan akhlak. Pesan dakwah persuasif berisi nilai ajakan untuk mengamalkan syariat Islam seperti ibadah, zakat, serta amalan lainnya. Pesan dakwah rekreatif yang berisi cerita dan kisah inspiratif. Maka dapat disimpulkan bahwa jejaring sosial seperti YouTube dapat dijadikan sebagai sarana dakwah kekinian untuk para da’i masa kini. Seperti halnya channel YtCrash Islam, karakteristik pesan dakwah yang disampaikan dalam channel tersebut memuat konten positif yang sangat berguna bagi masyarakat serta mengembangkan media baru sebagai tempat dakwah yang efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Pesan Dakwah; Media Sosial; Youtube
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Robby Agustian
Date Deposited: 11 Oct 2021 05:39
Last Modified: 11 Oct 2021 05:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43732

Actions (login required)

View Item View Item