Analisis teoritis Question-Based Inquiry Module (QBIM) pada pembelajaran materi sistem pencernaan

Nurfajriyani, Ilma (2021) Analisis teoritis Question-Based Inquiry Module (QBIM) pada pembelajaran materi sistem pencernaan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy

Abstract

Banyak sekali terdapat contoh inovasi modul pembelajaran namun penerapannya di ranah sekolah masih sangat minim ditemukan, salah satunya Question-Based Inquiry Module (QBIM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara teoritis proses pembelajaran, aktivitas peserta didik pada pembelajaran menggunakan QBIM, dan respon peserta didik terhadap penggunaan QBIM yang terbukti efektif meningkatkan keterampilan proses sains dan pengetahuan biologi peserta didik. Penelitian kualitatif dengan teknik studi dokumentasi menggunakan analisis data model Spradley yang telah dilakukan memberikan hasil bahwa QBIM dapat meningkatkan kualitas pembelajaran selaras dengan teori pembelajaran koginitif. QBIM melibatkan peserta didik aktif di dalam proses pembelajaran secara heads-on dan hands-on sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Peneliti merekomendasikan untuk dilakukan lebih banyak penelitian mengenai QBIM baik pada tingkat sekolah atau materi yang berbeda maupun sama sebagai bahan perbandingan dan referensi lanjutan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: QBIM;inkuiri;modul;pembelajaran bermakna
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Human Physiology > Nutrition
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ilma Nurfajriyani
Date Deposited: 17 Sep 2021 00:52
Last Modified: 17 Sep 2021 00:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43705

Actions (login required)

View Item View Item