Bahan ajar komik digital berbantu aplikasi Articulate Storyline untuk membekalkan siswa pada pembelajaran Biologi materi Ekologi

Nisa, Ummu Hidayatin (2021) Bahan ajar komik digital berbantu aplikasi Articulate Storyline untuk membekalkan siswa pada pembelajaran Biologi materi Ekologi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy

Abstract

Adanya pandemi COVID-19 yang mewabah sejak akhir tahun 2019 hingga saat ini mengharuskan pembelajaran berlangsung secara jarak jauh (daring). Pembelajaran secara daring menyebabkan minimnya kontribusi siswa di dalam kegiatan pembelajaran, kurangnya minat baca terhadap buku pelajaran dan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan serta rendahnya kemampuan kognitif siswa yang dilihat dari hasil belajar yang didapat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar berupa komik Biologi yang dapat diakses secara daring, untuk menganalisis hasil belajar siswa setelah menggunakan bahan ajar yang dikembangkan, untuk menganalisis efektivitas bahan ajar komik digital Biologi terhadap hasil belajar siswa dan untuk menganalisis kendala yang dihadapi siswa ketika belajar menggunakan bahan ajar tersebut. Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan model penelitian 4D (Define, Design, Develop dan Disseminate) dari Thiagarajan yang disederhanakan menjadi 3D. Adapun uji coba terbatas dilakukan di SMA Negeri 2 Setu Bekasi dengan mengambil sampel kelas X MIPA 1 yang dipilih melalui teknik purposive sampling dengan jumlah 23 siswa. Analisis data yang digunakan di antaranya yaitu analisis deskriptif untuk data kualitatif dan analisis statistik untuk data kuantitatif. Analisis statistik yang digunakan di antaranya adalah uji normalitas, uji T berpasangan, uji N-Gain dan uji Cohen. Hasil uji keterbacaan bahan ajar rata-rata tiap aspek menunjukkan presentase 83,33% (sangat baik), hasil validasi keseluruhan dari para validator menunjukkan rata-rata sebesar 83,33% (sangat baik). Peningkatan hasil belajar siswa yang dihitung menggunakan N-Gain rata-rata sebesar 0,39 (sedang). Peningkatan hasil belajar terbesar adalah pada jenjang kognitif C5 (evaluasi) yakni sebesar 0,61 (katagori sedang), sedangkan yang terendah yaitu indikator C4 (menganalisis) yakni sebesar 0,06 (katagori rendah). Adapun hasil analisis keefektivan berdasarkan uji Cohen yakni sebesar 0,93 (efektivitas besar). Kendala yang dihadapi beberapa siswa saat menggunakan bahan ajar tersebut adalah jaringan selular. Dengan demikian, bahan ajar komik digital Biologi dapat digunakan dalam pembelajaran dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar; Komik Digital Biologi; Hasil Belajar Siswa; Ekologi
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ummu Hidayatin Nisa
Date Deposited: 17 Sep 2021 02:00
Last Modified: 17 Sep 2021 02:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43612

Actions (login required)

View Item View Item