Religiusitas Syair Al Masyrab Ar-rawi Fii Manaqib Abuya Abdurrahman Nawi, karya KH Ubaidillah Hamdan Pondok Pesantren Al Awwabin: kajian Semiotika Charles Sanders Peirce

Firdayanti, Nadia (2021) Religiusitas Syair Al Masyrab Ar-rawi Fii Manaqib Abuya Abdurrahman Nawi, karya KH Ubaidillah Hamdan Pondok Pesantren Al Awwabin: kajian Semiotika Charles Sanders Peirce. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover upload.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak upload.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI UPLOAD.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1 UPLOAD.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2 UPLOAD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB 3 UPLOAD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB 4 UPLOAD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB 5 UPLOAD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS UPLOAD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB) | Request a copy

Abstract

Syair adalah lambang kebikjaksanaan. Syair merupakan puisi yang di ubah melalui suatu bahasa yang ditata secara apik yang keluar dari kejujuran dan kedalaman perasaan seseorang penyair. Memiliki makna khusus, baik tersurat maupun tersirat. Syair yang tersusun dari kata yang fasih dan terikat dengan rima (pengulangan bunyi) dan matra (unsur irama yang berpola tetap) memakai bahasa yang indah dan memikat sehingga membuat ketertarikan. Ibnu Rasyid menegaskan adanya unsur kesengajaan sebagiamana ia berkata “sesungguhanya syiir terdiri dari 4 hal yaitu : lafadz, wazan, makna dan qafiah. Tujuan dalam syair yang akan di teliti ialah tentang Manaqib, yang merupakan kisah-kisah menceritakan kekeramatan para wali yang bisasanya dapat di dengar dari juru kunci makam, atau besumber dari keluarga, sahabat dan orang orang terdekatnya, adapula dari kisah sejarahnya. Begitupun manaqib yang akan di teliti yaitu manaqib dari seorang ulama hebat dari wilayah jakarta ialah biografi dari Abuya Abdurrahman nawi. Objek yang di gunakan di ambil dari majmu Ar-Rasail karya KH. Ubaidillah Hamdan yaitu syair Al- Masyrab Ar-Rawi Fii Manaqib Abuya Abdurrahman Nawi didalamnya berisi tentang kemuliaan dan kesolehan abuya yang dapat diambil sebagai motivasi pembaca. Upaya mengetahui tema yang ada dalam syair menggunakan teori tema religiusitas diantaranya: tema syariah, tema tauhid dan tema akhlaq. Pendekatan analisis ini menggunakan pendekatan deskrtitip kualitatif satu metode yang digunakan untuk menemukan permaalahan sistematis serta mendeskripsikan data-data yang dianalisis. Begitupula penjelajahan dari fenomena yang tidak bisa di kuantifikasikan secara deskriftif seperti langkah kerja. Teori pada penelitian ini menggunakan teori semiotika Charles sanders Peirce yang mana menemukan fungsi tanda sebagai ground dengan sebuah konsekuensi tanda di sebut dengan sign/representament, yang selalu ada dalam hubungan triadik yaitu sign, object dan interpretant . Hasil penelitian menunjukan bahwa di temukannya sebuah makna yang berisi tentang kemuliayaan Abuya Abdurrahman Nawi, begitupun menemukan tema dalam syair yang termasuk kepada golongan tema religius yang berisikan tentang kesyari’atan abuya, ketauhidan dan akhlaq akhlaq kebaikan yang dapat di ambil dari syair tersebut. Begitupun dapat mengetahui makna dan kebenaran di balik tanda pada syair yaitu dengan menggunakan kajian semiotika teori chrales sanders peirce dengan pembuktiannya menggunakan Al-qur’an, hadits nabi, mahfudzot dan perkataan para ulama atau para sahabat nabi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Syair Manaqib; Tema Religiusitas; Semiotika Charles Sanders Peirce.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Nadia Firdayanti
Date Deposited: 14 Sep 2021 01:52
Last Modified: 14 Sep 2021 01:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43396

Actions (login required)

View Item View Item