Hubungan kedisiplinan dengan prestasi kognitif siswa dalam mata pelajaran Al-Qur’an hadist : Penelitian pada siswa kelas XI MAS Al-Ghozali Majalaya Kab. Bandung

Nurul, Ade (2021) Hubungan kedisiplinan dengan prestasi kognitif siswa dalam mata pelajaran Al-Qur’an hadist : Penelitian pada siswa kelas XI MAS Al-Ghozali Majalaya Kab. Bandung. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (986kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya dekadensi moral siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran terbatas di tengah penyebaran Covid-19 saat ini. Kedisiplinan menjadi hal penting dalam proses pendidikan dan bagian dari akhlakul karimah diantaranya nilai-nilai yang terdapat pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist. Berdasarkan pengamatan peneliti, kedisiplinan siswa kelas XI masih belum sesuai dengan harapan. Hal demikian terlihat dari perilaku belajar mereka ketika pembelajaran di kelas, di lingkungan sekolah maupun ketika belajar saat di rumah. Namun, prestasi mereka rata-rata sangat baik hal demikian berdasarkan penuturan guru bersangkutan. Seharusnya, jika mereka sudah berperilaku disiplin dengan baik maka akan di ikuti pula prestasi yang baik. Sehingga, timbul pertanyaan apakah terdapat hubungan antara kedisiplinan dengan prestasi kognitif siswa dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas XI MAS Al-Ghozali Majalaya Kab. Bandung? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Tingkat Kedisiplinan kelas XI di MAS Al-Ghozali Majalaya Kab. Bandung, 2) Tingkat Prestasi Kognitif Siswa kelas XI dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MAS Al-Ghozali Majalaya Kab. Bandung, 3) Hubungan Kedisiplinan dengan Prestasi Kognitif Siswa dalam mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas XI MAS Al-Ghozali Majalaya Kab. Bandung. Adapun asumsi dalam penelitian ini terdapat keterkaitan antara kedisiplinan terhadap prestasi kognitif siswa. Dari asumsi tersebut dapat ditarik hipotesis penelitian, semakin tinggi kedisiplinan siswa maka akan semakin baik pula prestasi kognitif mereka dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadist, dan sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode deskriptif persentase dan jenis data korelasi variabel. Sumber data dari jenis data primer terdiri dari Angket, Hasil Evaluasi, dan Wawancara. Sedangkan, sumber data dari jenis data sekunder terdiri dari dokumentasi, Buku-buku, Jurnal, profil sekolah, Tata tertib sekolah, dan sebagainya yang menunjang dan memperkuat dalam penelitian. Dalam penelitian ini diambil data populasi dari kelas XI MA Swasta Al-Ghozali Majalaya sebanyak 68 siswa. Adapun analisis data terdiri atas analisis deskriptif persentase tiap variabel dan analisis korelasi pearson antara kedua variabel. Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian, diperoleh kesimpulan 1) Tingkat kedisiplinan siswa kelas XI MAS Al-Ghozali Majalaya memiliki tingkat kedisiplinan “Sedang” sebanyak 40 responden atau 58,82%, 2) Tingkat prestasi kognitif siswa kelas XI MAS Al-Ghozali Majalaya memiliki taraf prestasi kognitif “Cukup” sebanyak 37 Siswa atau 54,41%, 3) Tingkat hubungan antara variabel X dan Variabel Y yaitu 0,631 termasuk kategori Cukup, dan (6,65) > (3,30) maka ditolak. Sehingga, terdapat hubungan positif yang signifikan antara kedisiplinan dengan prestasi kognitif siswa. Tetapi, masih terdapat siswa kurang disiplin meskipun jumlahnya sedikit, dan terdapat hubungan saling mempengaruhi sebesar 39,81%. dan sisanya oleh faktor lain yang mempengaruhi kedisiplinan dan prestasi kognitif siswa kelas XI MAS Al-Ghozali Majalaya Kab. Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan; Prestasi Kognitif; Siswa; Al-Qur’an Hadist;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ade Nurul
Date Deposited: 06 Sep 2021 03:36
Last Modified: 06 Sep 2021 03:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42633

Actions (login required)

View Item View Item