Manajemen Public Relations program Jabar Saber Hoaks : Studi deskriptif pada Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat

Septian, Rendi Dwi (2021) Manajemen Public Relations program Jabar Saber Hoaks : Studi deskriptif pada Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (326kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy

Abstract

Jabar Saber Hoaks merupakan suatu program atau satuan unit kerja yang dibentuk oleh pemerintah provinsi Jawa Barat melalui amanat Gubernur Jawa Barat yaitu Ridwan Kamil yang secara khusus bekerja dalam wilayah pemerintahan provinsi Jawa Barat. Jabar Saber Hoaks memiliki fungsi untuk mengklarifikasi dan memberantas informasi yang salah serta memberikan sosialisasi terkait dengan berita hoaks. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses manajemen public relations dalam program Jabar Saber Hoaks yang dimulai dari tahap pendefinisian masalah hingga tahap evaluasi. Konsep yang digunakan pada penelitian ini yaitu konsep manajemen public relations (four steps public relations). Paradigma yang digunakan adalah paradigma konstruktivisme dengan pendekatan interpretif dan metode deskriptif. Data temuan penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen public relations yang dilakukan dalam program Jabar Saber Hoaks diawali dengan tahap pertama, Fenomena penyebaran hoaks dalam sudut pandang tim Jabar saber Hoaks diketahui bahwa penyebaran hoaks saat ini begitu massif karena peralihan kepada era digital ditambah situasi pandemi covid-19. Hoaks ibaratkan propaganda atau fitnah,mengandung bahaya menyesatkan masyarakat hingga dapat menjatuhkan kalangan tertentu dan memecah belah bangsa. Tahap kedua, perancangan dan pembentukan tim Jabar Saber Hoaks meliputi a) menetapkan tujuan program, b) merancang anggaran. Tahap ketiga, tindakan atau penanganan berita hoaks meliputi a) pemeriksaan fakta/verifikasi, b) membuat konten klarifikasi dan kampanye anti hoaks, c) publikasi pada media sosial. Tahap keempat, evaluasi program meliputi ii a) evaluasi kualitas pelayanan, b) evaluasi berdasarkan tingkat interaksi di media sosial. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa Jabar Saber Hoaks telah melakukan beberapa tahapan manajemen public relations yang sesuai dengan konsep manajemen public relations dalam teori four steps public relations.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen public relations; Jabar Saber Hoaks; berita hoaks
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
General Management > Organizations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: rendi dwi septian
Date Deposited: 11 Aug 2021 13:44
Last Modified: 11 Aug 2021 13:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41712

Actions (login required)

View Item View Item