Pengaruh rasa syukur terhadap Quarter Life Crisis pada mahasiswa semester akhir angkatan 2017 jurusan Tasawuf dan Psikoterapi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Syafira, Hamidah (2021) Pengaruh rasa syukur terhadap Quarter Life Crisis pada mahasiswa semester akhir angkatan 2017 jurusan Tasawuf dan Psikoterapi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
01_Cover.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02_Abstrak.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
03_Daftarisi.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
04_Bab 1.pdf

Download (734kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
05_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
06_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (978kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
07_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
08_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy

Abstract

Quarter life crisis merupakan krisis kehidupan yang terjadi pada usian 20-30 tahun. Krisis ini dapat menyerang kesehatan mental para mahasiswa apabila terus dibiarkan keberadaannnya. Banyaknya pilihan dan masalah yang akan dihadapi oleh mahasiswa semester akhir ditambah lagi dengan trend menyombongkan diri atas pencapaian-pencapaian pada media sosial, membuat para mahasiswa menjadi semakin dilema untuk menghadapi ketidakpastian masa depan. Penelti mengasumsikan rasa syukur yang dapat memberikan efek yang positif kepada individu agar lebih bersemangat, percaya diri dan dapat menemukan jalan keluar dalam setiap permasalahan yang dialami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat pengaruh yang signifikan yang diberikan oleh rasa syukur terhadap quarter life crisis yang dialami oleh mahasiswa semester akhir angkatan 2017 Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian yang dipakai adalah metode asosiatif kausal, hal ini dikarenakan peneliti ingin mencari pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Data didapatkan melalui penyebaran angket kepada 54 mahasiswa semester akhir angkatan 2017 Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Data diolah dengan bantuan aplikasi statistik SPSS IBM Ver.20. Dengan teknik analisis data yang dipakai menggunakan analisis regresi linier sederhana. Maka hasil yang didapatkan adalah sebanyak 41 mahasiswa dengan prosentase sebesar 75,9% mengalami quarter life crisis pada tingkatan sedang. Sedangkan rasa syukur yang dialami oleh mahasiswa berada pada tingkatan tinggi dengan prosentase sebesar 63%. Kemudian, berdasarkan hasil yang dilakukan melalui analisis regresi linier sederhana didapatkan nilai sebesar -0,777 dengan determinasi koefisien sebesar 25,5%. Sehingga hipotesis yang dirumuskan oleh peneliti dapat diterima yakni terdapat pengaruh yang signifikan yang diberikan oleh rasa syukur terhadap quarter life crisis pada mahasiswa semester akhir angkatan 2017 Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa Semester Akhir; Quarter Life Crisis; Rasa Syukur
Subjects: Psychology > General Publications of Psychology
Psychology > Education of Psychology
Differential and Developmental Psychology > Environmental Psychology
Religious Mythology > Attitudes of Religions Toward Social Issues
Religious Experiences
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Hamidah Syafira
Date Deposited: 04 Aug 2021 00:12
Last Modified: 04 Aug 2021 00:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41368

Actions (login required)

View Item View Item