Pola Controlling pimpinan Pondok Pesantren dalam pembentukan akhlak santri : Penelitian di Pondok Pesantren Sukahideng Tasikmalaya

Lutpia, Pina (2021) Pola Controlling pimpinan Pondok Pesantren dalam pembentukan akhlak santri : Penelitian di Pondok Pesantren Sukahideng Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (423kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy

Abstract

Akhlak merupakan perilaku yang dilakukan secara spontan tanpa memikirkan dan mempertimbangkan terlebih dahulu. Oleh karena itu sebagai manusia harus mempunyai akhlak yang baik. Dikarenakan problematika mengenai akhlak itu semakin hari semakin meningkat, maka pimpinan Pondok Pesantren Sukahideng melakukan controlling akhlak bagi para santrinya, sebagaimana misi dari pesantren tersebut yakni mencetak manusia yang berakhlakul karimah. Tujuan penelitian ini adalah untuk membahas pola controlling pimpinan Pondok Pesantren Sukahideng dalam pembentukan akhlak santri. Secara khusus pembahasannya diarahkan untuk menjawab masalah yang berhubungan dengan bentuk pengawasan, tindakan korektif dan bentuk evaluasi dalam pembentukan akhlak santri di pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan teori controlling menurut Makmur yang menyatakan bahwa controlling adalah sebagai bentuk evaluasi prestasi kerja setelah pengerjaan rencana dan menerapkan tindakan korektif sehingga pekerjaan sesuai dengan rencana sebelumnya. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data digunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini digunakan penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks Manajemen Dakwah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa controlling yang diterapkan adalah concurrent control, yaitu pengawasan yang dilakukan secara bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan. Cara yang dilakukan untuk pencegahan penyimpangan agar tidak terulang kembali yaitu diadakannya tindakan korektif. Adapun untuk mengukur hasil dari kegiatan yang telah diselesaikan dan mencari tahu penyebab atas penyimpangan, maka diadakannya evaluasi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa controlling yang dilakukan pimpinan Pondok Pesantren Sukahideng dalam pembentukan akhlak santri berjalan dengan baik dan dipandang strategis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Controlling; Akhlak;
Subjects: General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Pina Lutpia
Date Deposited: 28 Jul 2021 05:07
Last Modified: 28 Jul 2021 05:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40954

Actions (login required)

View Item View Item