Pengaruh penggunaan metode belajar Mind Mapping terhadap memori siswa

Dewi, Tyara Lustifa (2021) Pengaruh penggunaan metode belajar Mind Mapping terhadap memori siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan suatu metode belajar merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan memori atau daya ingat. Berdasarkan data lapangan, kebanyakan pendidik masih menggunakan metode mengajar secara konvensional, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode belajar mind mapping berpengaruh terhadap peningkatan memori. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Subjek yang digunakan merupakan siswa SMP kelas VIII dengan jumlah 36 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen (EG) dan kelompok kontrol (CG). Alat ukur yang dipakai menggunakan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan skor memori pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sehingga penggunaan metode belajar mind mapping tidak mempengaruhi peningkatan memori siswa. Meskipun tidak terdapat pengaruh, sebanyak 7 siswa (38,9%) pada kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan skor memori sebesar 1 sampai dengan 6 poin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: mind mapping; memory; metode belajar
Subjects: Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Tyara Lustifa Dewi
Date Deposited: 27 May 2021 01:03
Last Modified: 27 May 2021 01:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39518

Actions (login required)

View Item View Item