Implementasi sikap sabar dalam meningkatkan efektivitas bimbingan dan konseling : Penelitian pada guru bimbingan konseling di MAN 2 Kota Bandung

Yunengsih, Ayu (2020) Implementasi sikap sabar dalam meningkatkan efektivitas bimbingan dan konseling : Penelitian pada guru bimbingan konseling di MAN 2 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy

Abstract

Dalam suatu lembaga pendidikan peran sabar sangatlah penting, dalam dunia pendidikan tidak hanya membutuhkan skill namun juga harus memiliki kematangan dalam berinteraksi sosial, salah satu cara untuk berinteraksi sosial tersebut yaitu dengan cara bersabar. Karena dalam praktek kehidupan sehari-hari sabar sangat berkaitan dengan kerja keras, tidak mudah putus asa, dan selalu siap untuk menghadapi tantangan hidup kapanpun dan dimanapun. Dengan penelitian ini dapat mengetahui bagaimana pemahaman juga pengaplikasian sabar pada guru BK ketika melakukan layanan konseling serta seberapa efektivnya bimbingan yang diberikan kepada siswa sehingga dapat memberikan manfaat yang baik kepada siswa. Dengan menggunakan metode kualitatif juga pengolahan secara analisis deskriptif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan sumber data primer berjumlahkan empat orang dan sumber data sekunder berjumlahkan enam orang juga. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dikaji maka hasil dari penelitian yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru bimbingan dan konseling MAN 2 Kota Bandung mereka memiliki pemahaman yang sama terkait sabar yakni dengan menyadari bahwa semua ini merupakan tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan dan menjadikan sabar sebagai salah satu keharusan yang dilakukan ketika melakukan layanan konseling serta adanya panggilan dalam hati ingin membantu yang mendorong mereka untuk bersabar. Selain itu pada pelaksanaan bimbingan dan konseling pada siswapun mereka melakukan layanan yang baik ketika didalam kelas maupun di ruangan konseling, sehingga siswa turut melakukan konseling dan merasakan efektivitas seperti menemukan jawaban dari setiap permasalahan dan merasakan ketenangan setelah melakukan layanan konseling.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sabar; Guru Bimbingan dan Konseling; Efektivitas
Subjects: Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Ayu Yunengsih
Date Deposited: 03 May 2021 03:45
Last Modified: 03 May 2021 03:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39099

Actions (login required)

View Item View Item