Pelaksanaan akad pengadaan rumah ditinjau dari perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah : Studi kasus Developer Property Syari’ah Cilengkrang, Kota Bandung

Hasim, Fuad (2021) Pelaksanaan akad pengadaan rumah ditinjau dari perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah : Studi kasus Developer Property Syari’ah Cilengkrang, Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy

Abstract

Belakangan ini di kota Bandung banyak munculnya beberapa depelover property diantaranya yaitu depelover property syariah yang berada di PT Firdaus Bumi Madani. adapun yang melatar belakangi penulis mengambil judul tersebut adalah adanya ketidak sesuaian antara kesepakan akad dengan praktik di lapangan, PT Firdaus Bumi Madani merupakan suatu perusahan yang bergerak di bidang penjualan rumah syaraih, dan perusahaan ini menerapkan dua akad skema jual beli yaitu istishna’ dan salam, kedua akad tersebut di terapkan dalam project Firdausy City Light (FCL) yang memiliki tagline tanpa riba, tanpa denda, tanpa BI Cheking, dan tanpa akad batil. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Pelaksanaan Akad dalam Pengadaan Perumahan di perumahan Firdausy City Light (FCL), Ujungberung, Bandung. Adapun secara khusus tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan akad di depelover property syariah pada project perumahan Firdausy City Light (FCL). Dan Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap pelaksanaan akad dalam pengadaan Perumahan di perumahan Firdausy City Light (FCL). Adapaun kerangka pemikiran yang di terapkan oleh penulis dalam skripsi ini adalah bagaimana akad yang di pakai oleh Depelover Property Syariah pada perumahan Firdausi City Light dalam jual beli rumah tersebut. Untuk metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu suatu metode yang digunakan untuk mengetahui, menggambarkan atau menganalisis suatu hasil penelitian, tetapi tidak digunakan untuk membuat kesimpulan yang lebih luas. Dalam penelitian ini penulis akan menggambarkan bagaimana pelaksanaan akad istihna dan akad salam yang di lakukan oleh PT Firdaus Bumi Madani pada Develofer Property Syariah dalam project Perumahan Firdausy City Light (FCL). Depelover property syariah yang berada di PT Firdaus Bumi Madani menerapkan skema jual beli istishna’ dan salam, dalam penerapan akad tersebut diterapkan dalam project Firdausy City Light (FCL). Dalam akadnya perusahaan ini menggunakan akad yang sesuai dengan syaraih bisa di lihat dari teglinenya. Namun kenyataannya dalam pelaksanaan dari akad tersebut belum diterapkan secara sesuai dengan aturan hukum ekonomi syariah, karena dalam pelaksanaan dilapangan ada beberapa kendala yang seharusnya rumah tersebut dibangaun dalam kurun waktu enam sampai delapan bulan di akad, akantetapi pada kenyataannya dilapangan rumah tersebut dibangun dalam kurun waktu satu tahun bahkan lebih.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Akad Salam; Akad Istisna; Property Syariah;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 22 Apr 2021 04:15
Last Modified: 22 Apr 2021 04:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38874

Actions (login required)

View Item View Item