Bimbingan Tahsin Al-Qur’an dengan metode Ummi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an : Penelitian pada siswa-siswi di SDIT Insan Rabbani Majalengka

Rahmatullah, Irfan (2020) Bimbingan Tahsin Al-Qur’an dengan metode Ummi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an : Penelitian pada siswa-siswi di SDIT Insan Rabbani Majalengka. Diploma thesis, UIN SUNANA GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (326kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena anak zaman sekarang yang lebih tertarik kepada bermain gadget dari pada mengikuti aktivitas keagamaan salah satunya pengajian atau kegiatan membaca Al-Qur’an, hal ini disebakan oleh beberapa faktor salah satunya adalah tidak adanya contoh suri tauladan yang baik dari kedua orang tua dan kondisi lingkungan yang kurang mendukung terhadap mereka, sehingga anak pun mencontoh perilaku tersebut. Padahal penanaman pendidikan keagamaan seperti membaca Al-Qur’an sejak dini berpengaruh terhadap kehidupan keagamaannya pada fase berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program, proses, dan hasil dari bimbingan tahsin Al-Qur’an dengan Metode Ummi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an di SDIT Insan Rabbani Majalengka. Banyak metode bimbingan tahsin Al-Qur’an yang dipelajari di Indonesia salah satunya yaitu metode ummi. Bimbingan tahsin Al-Qur’an dengan metode ummi digunakan sebagai upaya untuk membantu individu agar dapat membaca Al-Qur’an dengan indah dan bagus yang bacaannya sesuai dengan ketentuan kaidah-kaidahnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu menggambarkan metode ummi dalam bimbingan tahsin Al-Qur’an untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an, dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara tertulis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses bimbingan tahsin Al-Qur’an dengan metode ummi terdapat empat model pengajaran yaitu private/individual, klasikal – individual, klasikal baca – simak, klasikal baca simak – murni. Kemudian bimbingan tahsin Al-Qur’an dengan metode ummi ini menggunakan pendekatan kelompok yang terdiri dari beberapa komponen program bimbingan yaitu dasar pemikiran, tujuan, pembimbing (mursyid), terbimbing (mursyad bih), materi, metode, media. Selanjutnya bimbingan tahsin Al-Qur’an dengan metode ummi ini menggunakan tahapan inti yaitu tahapan pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Hasil dari bimbingan tahsin Al-Qur’an dengan metode ummi ini menunjukkan signifikansi dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa. Kata Kunci : Bimbingan Tahsin Al-Qur’an, Metode Ummi, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Tahsin Al-Qur’an; Metode Ummi; Kemampuan Membaca Al-Qur’an; Siswa;
Subjects: Use of Other Information Media
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Irfan Rahmatullah
Date Deposited: 09 Apr 2021 06:03
Last Modified: 09 Apr 2021 06:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38640

Actions (login required)

View Item View Item