Meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan minat belajar siswa melalui model pembelajaran Tari Bambu berbantuan media audio visual matematika

Latifah, Anisa Tri (2021) Meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan minat belajar siswa melalui model pembelajaran Tari Bambu berbantuan media audio visual matematika. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang rendahnya kemampuan pemahaman matematis dan minat belajar siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan dan wawancara yang dilakukan di salah satu SMA Negeri di kabupaten Tasikmalaya. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan minat belajar siswa adalah pemilihan model pembelajaran yang tepat dan media yang dapat menunjang pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Tari Bambu dan media audio visual matematika untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis berdasarkan pengkategorian PAM (tinggi, sedang dan rendah) dan minat siswa dalam belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan sampel yang terdiri dari dua kelas. Data yang diperoleh menggunakan instrument tes berupa tes kemampuan pemahaman matematis dan non tes berupa angket skala minat belajar. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: (a) gambaran keterlaksanaan pembelajaran matematika terbilang cukup baik berdasarkan hasil wawancara terhadap guru dan siswa, (b) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran Tari Bambu berbantuan media Audio Visual Matematika dengan rata-rata skor n-gain 0,52 lebih tinggi daripada siswa yang menerapkan model konvensional dengan rata-rata n-gain 0,29, (c) pencapaian kemampuan pemahaman matematis siswa antara yang menerapkan model pembelajaran Tari Bambu berbantuan media AudioVisual Matematika lebih tinggi dari pada siswa yang menerapkan model konvensional berdasarkan tingkat PAM (tinggi, sedang dan rendah). (d) Terdapat peningkatan minat belajar pada siswa setelah menerapkan model pembelajaran Tari Bambu berbantuan media Audio Visual Matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Matematis; Minat Belajar; Tari Bambu; Audio Visual Matematika
Subjects: Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Anisa Tri Latifah
Date Deposited: 31 Mar 2021 06:24
Last Modified: 31 Mar 2021 06:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38483

Actions (login required)

View Item View Item