Pembelajaran Flipped Classroom berbantuan videoscribe untuk meningkatkan kemampuan Spasial matematis dan Self Regulated Learning siswa : Penelitian quasi eksperimen di SMP Al – Amanah Bandung

Maulany, Raden Milla Nur (2021) Pembelajaran Flipped Classroom berbantuan videoscribe untuk meningkatkan kemampuan Spasial matematis dan Self Regulated Learning siswa : Penelitian quasi eksperimen di SMP Al – Amanah Bandung. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlu ditingkatkannya kemampuan spasial matematis dan Self Regulated Learning siswa dikarenakan dilihat dari hasil studi pendahuluan serta uji coba soal dengan cara wawancara dan tes disimpulkan bahwa kemampuan spasial matematis dan Self Regulated Learning siswa itu rendah hasil wawancara dengan siswa sebagian siswa merasa kesulitan ketika diberikan permasalahan yang berkaitan dengan kemampuan spasial. Salah satu cara yang digunakan dalam memingkatkan kemampuan spasial matematis dan Self Regulated Learning siswa yaitu dengan Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan VideoScribe pada pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar di SMP. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) peningkatan kemampuan spasial matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan VideoScribe dan pembelajaran konvensional (b) peningkatan sikap Self Regulated Learning siswa terhadap pembelajaran Flipped Classroom berbantuan VideoSrcibe. (c) kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan spasial matematis. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Data yang diperoleh menggunakan instrumen tes dan nontes (angket). Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: (a) Tidak terdapat perbedaan peningkatan aspek kognitif kemampuan spasial matematis siswa antara siswa yang sudah menggunakan Pembelajaran Flipped Classroom berbantuan VideoScribe dengan siswa yang menggunakan dengan pembelajaran konvensional. (b) Tidak terdapat peningkatan sikap Self Regulated Learning siswa yang menggunakan Pembelajaran Flipped Classroom berbantuan VideoScribe, berdasarkan rata-rata nilai pretes dan posttet sikap Self Regulated Learning siswa yang menggunakan Pembelajaran Flipped Classroom berbantuan VideoScribe. (c) Berdasarkan hasil analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal spasial matematis setelah memperoleh Pembelajaran Flipped Classroom berbantuan VideoScribe, siswa mengalami kesulitan pada saat memprediksi gambar bangun ruang ketika benda diputar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Flipped Classroom; Kemampuan Spasial Matematis; Self Regulated Learning; VideoScribe
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Raden Milla Nur Maulany
Date Deposited: 29 Mar 2021 05:25
Last Modified: 29 Mar 2021 05:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38331

Actions (login required)

View Item View Item