Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap jual beli jaket tiruan dihubungkan dengan undang-undang nomor 20 tahun 2016 tentang merek dan indikasi geografis : Studi kasus Pasar Ujungberung Bandung

Litarozi, Farhan (2020) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap jual beli jaket tiruan dihubungkan dengan undang-undang nomor 20 tahun 2016 tentang merek dan indikasi geografis : Studi kasus Pasar Ujungberung Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (650kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB) | Request a copy

Abstract

Merek merupakan hasil dari pemikiran dan kecerdasan manusia yang dapat berbentuk penemuan/penciptaan. Maka karena itulah merek termasuk bagian dari hak kekayaan intelektual (HKI) atau Intellectual Property Rights. Hak kekayaan intelektual (HKI) timbul dari kemampuan intelektual manusia. Hal itu merupakan hak privat dimana seorang pencipta/penemu bebas mengajukan ataupun tidak mengajukan permohonan pendaftaran karya intelektualnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pelaksanaan kontrak tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan yang telah dijelaskan sebelumnya. adapun tujuan penelitian ialah untuk mengetahui serta memahami mekanisme jual beli jaket tiruan di pasar Ujungberung Bandung dan untuk mengetahui serta memahami lebih mendalam mengenai permasalahan jual beli jaket tiruan di pasar Ujungberung Bandung. Penelitian ini berdasar dari pemikiran bahwa jual beli jaket tiruan ini merupakan muamalah yang belum pernah di bahas dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah secara langsung, maka hukum nya dikembalikan kepada hukum asal muamalah yaitu mubah atau boleh, adapun termasuk ta’awun (tolong menolong). Maka dari itu hal ini yang saya ingin tekankan, bahwa tolong menolong merupakan suatu kewajiban sesama manusia baik itu hal kecil maupun hal besar sekalipun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini disusun menggukan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara, pustaka, dan dokumentasi. Pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini disusun dengan Mengumpulkan data dari sumber data, Menyeleksi data, mengklasifikasikan dari data yang diperoleh, dan menyimpulkan. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan jual beli jaket tiruan di pasar Ujungberung pada dasarnya sama saja dengan jual beli pada umumnya, unsur- unsur seperti penjual dan pembeli, adanya ijab dan qabul, objek dan barangnya. Namun objek yang di perjual belikan disini merupakan barang tiruan dan bukan jaket asli. Dan itu menyalahi aturan negara dan agama karena melanggar Undang-Undang nomor 20 tahun 2016 tentang merek dan indikasi geografis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: jualbeli;ijab;qabul;ghassab;merek;tiruan
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Constitutional and Administrative Law > Basic Instrument of Indonesia
Commerce, Trade > Commercial Policy
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Farhan Litarozi
Date Deposited: 16 Mar 2021 07:44
Last Modified: 16 Mar 2021 07:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37854

Actions (login required)

View Item View Item