Pengaruh penerapan Total Quality Management terhadap motivasi kerja guru di SMP Islam swasta Bandung : Penelitian di SMP Al-Amanah dan SMP al-Biruni Cerdas Mulia Bandung

Khairunissa, Nida Alfita (2020) Pengaruh penerapan Total Quality Management terhadap motivasi kerja guru di SMP Islam swasta Bandung : Penelitian di SMP Al-Amanah dan SMP al-Biruni Cerdas Mulia Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy

Abstract

Total Quality Management merupakan sistem manajemen mutu yang berkaitan dengan upaya untuk terus meningkatkan mutu pendidikan dari berbagai aspek secara berkelanjutan.Sebagai institusi pelayanan jasa, pendidikan perlu menciptakan budaya mutu untuk meningkatkan motivasi kerja guru agar dapat memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik bagi para siswa dan orang tua sebagai pengguna jasa dalam memenuhi harapan pelanggan yang cenderung mengalami perubahan. SMP Islam Swasta Bandung masih terdapat beberapa hambatan seperti masih adanya guru yang kurang semangat dalam melakukan tanggung jawabnya seperti tuntutan administrasi, kurang partisipasi guru dalam beberapa program sekolah, kurangnya implementasi Punishment dan reward sehingga rendahnya dorongan motivasi guru. Maka dari itu motivasi guru diperlukan untuk meningkatkan kinerja sehingga sistem pendidikan di SMP Islam Swasta Bandung bisa terus ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui:1)penerapan Total quality management di SMP Islam Swasta Bandung.2)motivasi kerja guru di SMP Islam Swasta Bandung.3)pengaruh penerapan Total Quality Management terhadap motivasi kerja guru SMP Islam Swasta Bandung. Total Quality Management memiliki indikator lingkungan kerja, Fasilitas, pengembangan tenaga pendidik dan sikap , etika dan moral.Adapun indikator motivasi kerja guru yaitu tanggung jawab, prestasi, pengembangan diri, dan kemandirian. Adapun hipotesis yang dirumuskan yaitu semakin baik Total Quality Management di SMP Islam Swasta Bandung maka semakin baik kinerja guru di SMP Islam Swasta Bandung. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan metode ex-post facto . Data pada penelitian ini diperoleh melalui penyebaran angket, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji instrument (validitas dan reliabilitas), Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dn statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Total Quality Management di SMP Islam Swasta Bandung dengan nilai 4,59 pada Interval 3,6 - 4,5 dalam kategori tinggi dan motivasi kerja guru di SMP Islam Swasta Bandung dengan nilai 4,47 Interval 3,6 - 4,5 dalam kategori tinggi.Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian membuktikan adanya pengaruh positif dan signifikan antara Penerapan Total Quality Management terhadap motivasi kerja guru di SMP Islam swasta Bandung dengan nilai pengaruh sebesar 59,6%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, hal ini memberikan arti bahwa adanya pengaruh yang positif dan signifikan antar penerapan Total Quality Management terhadap motivasi kerja guru di SMP Islam Swasta Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Total Quality Management;Motivasi kerja guru
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Discipline
General Management
General Management > Control and Quality Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nida Alfita Khairunissa
Date Deposited: 08 Mar 2021 03:37
Last Modified: 08 Mar 2021 03:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37543

Actions (login required)

View Item View Item