Implementasi nilai dakwah dalam Dasa Darma Pramuka melalui kegiatan pekan ramadhan: Studi deskriptif di Gerakan Pramuka UIN Sunan Gunung Djati

Alwi, Muhamad Nursubanudin (2020) Implementasi nilai dakwah dalam Dasa Darma Pramuka melalui kegiatan pekan ramadhan: Studi deskriptif di Gerakan Pramuka UIN Sunan Gunung Djati. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (501kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy

Abstract

Gerakan Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung merupakan Organisasai Gerakan Pramuka yang berada dalam intra kampus yang berfokus pada pelaksanakan kegiatan penanaman karakter dan moral bagi mahasiswa di lingkungan UIN Sunan gunung Djati dengan dasar pelaksanaan dakwah. Dimana Pramuka UIN Bandung menjadikan setiap kegiatannya menjadi nilai dakwah bagi orang lain. Pramuka UIN Sunan Gunung Djati menyelenggarakan program Pekan Ramadhan sebagai bentuk itikad dan moto besar yang mendukung pelaksanaan program dakwah sesuai dengan visi kampus wahyu memandu ilmu dalam bingkai akhlakul karimah, yang mana hari ini Pramuka UIN Bandung menjadi barometer pramuka di perguruan tinggi seindonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengharapan nilai-nilai dakwah dan nilai diri serta keyakinan dalam dasa darma pramuka sebagai nilai dakwah, mengetahui bagaimana proses belajar dan implementasi dasa darma melalui satu bentuk kegiatan Pekan Ramadhan yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka UIN Sunan Gunung Djati. Penelitian ini memakai pendekatan dari teori belajar sosial (Social Learning) Albert Bandura (1986) menyatakan tingkah laku manusia karena adanya interaksi timbal balik yang berkelanjutan antara pengaruh kognitif, behavioral, dan lingkungan. Untuk memperoleh peningkaatan atau membuat perubahan pengetahuan satu, keterampilan, nilai dan pandangan dunia. Nilai sosial merupakan petunjuk lama yang mengarahkan tingkah laku dan kepuasan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan studi deskriptif dengan teknik pengumpulan wawancara dan observasi dan studi dokumen. Penelitian ini dilakukan melalui langkah-langah : menentukan lokasipenelitian, menentukan metode penelitian, menentukan jenis dan sumber data, menentukan pemilihan informan, menentukan teknik pengumpulan data, sampai tahap akhir yaitu mengolah dan menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program Pekan Ramadhan melaksanakan proses dakwah yang dapat diterima oleh masyarakat dan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dalam menumbuhkan nilai moral dan karakter. Dasa darma menjadi kode etik pramuka yang kini mampu diamalkan bukan hanya oleh pramuka saja melainkan banyak orang, pada nyatanya apa yang dilakukan dalam setiap harinya merupakan satu bentuk implementasi yang dilakukan dari nilai dakwah dalam dasa darma. Proses evaluasi dari masyarakat mendapat respon positif dan masyarakat meneruskan dalam pelaksanaan dakwah dilingkungannya dengan memakmurkan masjid dan pelaksaan pengajian bagi anak-anak dan remaja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Nilai Dakwah; Dasa Darma Pramuka; Pekan Ramadhan;
Subjects: Islam > Islam and Natural Science
Islam > Other Practices
Islam > Organizations of Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: muhamad nursubanudin
Date Deposited: 18 Feb 2021 01:45
Last Modified: 18 Feb 2021 01:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37157

Actions (login required)

View Item View Item