Pelayanan administrasi kependudukan pada masyarakat terdampak pembangunan waduk Jatigede di Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang

Rosti, Rosti (2020) Pelayanan administrasi kependudukan pada masyarakat terdampak pembangunan waduk Jatigede di Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1 COVER.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak.)
2_abstrack - Salin.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftra Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab l)
4_BAB I.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (Bab ll)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text (Bab lll)
6_BAB III fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (Bab IV)
7_BAB IV FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text (Bab V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_Daftar Pustaka FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan adminsitrasi kependudukan sebagai salah satu kegiatan dari pelayanan publik. Peran penting adanya peraturan administrasi kependudukan di harapkan mampu menyelenggaraan pelayanan administrasi kependudukan secara efektif. Dalam rangka mewujudkan pelayanan administrasi kependudukan yang optimal Pemerintahan Kabupaten Sumedang mengeluarkan Peraturan Daerah Kabupaten Sumedang/No. 1 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan Hak dan Kewajiban Penduduk. Namun pelayanan admnistrasi kependudukan di Jatigede tidak berjalan secara optimal diakibatkan dari pembangunan Waduk Jatigede yang memutus akses beberapa wilayah desa di Kecamatan Jatigede yang mengakibatkan terhambatnya pelayanan administrasi kependudukan, maka dalam hal ini perlu di tindak lanjuti agar pelayanan administrasi kependudukan dapat berjalan maksimal. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui bagaimana bukti fisik, kehandalan, empati dan daya tanggap yang di berikan oleh Kecamatan Jatigede sebagai pihak penyelenggara pelayanan yang dimana pelayanan tersebut sudah memumpuni atau malah sebaliknya pelayanan tersebut justru tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang terkena dampak pembangunan Waduk Jatigede terkhusunya dalam aspek pelayanan administrasi kependudukan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kualitas pelayanan menurut Zethml dan Berry yang di kutip oleh Hardiyansyah (Hardiyansyah 2011) dalam buku yang berjudul Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator Dan Implementasinya yang memiliki 5 dimensi yaitu diantar: (1) bukti berwujud,(2) kehandalan,(3) daya tanggap,(4) jaminan serta (5) empati. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan metode ini yaitu didasari permasalahan yang berkaitan dengan masalah peneliti selanjutnya peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan kejadian untuk megetahui bagaimana proses pelayanan administrasi kependudukan masyarakat yang terkena dampak Pembangunan Waduk Jatigede di Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pelayanan administrasi kependudukan pada masyarakat terdampak pembangunan Waduk Jatigede di Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang belum efektif. Karena pihak Kecamatan sebagai pihak penyelenggara belum mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dalam pemenuhan adminsitrasi kependudukan, kurangnya komunikasi dan perhatian kecamatan pada masyarakat terkena dampak pembangunan waduk Jatigede menjadi faktor utama tidak optimalnya pelayanan administrasi kependudukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Administrai Kependudukan; Pada Masyarakat Terdampak Pembangunan Waduk Jatigede
Subjects: Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Rosti Rosti
Date Deposited: 19 Jan 2021 03:26
Last Modified: 19 Jan 2021 03:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36392

Actions (login required)

View Item View Item