Analisis konten buku ajar biologi SMA/MA pada materi mutasi berdasarkan kategori literasi sains

Rahmanita, Aulia (2020) Analisis konten buku ajar biologi SMA/MA pada materi mutasi berdasarkan kategori literasi sains. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy

Abstract

Tingkat literasi sains seseorang dapat dipengaruhi beberapa hal, salah satunya dari segi buku ajar seperti apa yang digunakan untuk menunjang proses pembelajaran. Pada penelitian ini dilakukan analisis terhadap konten buku ajar Biologi SMA/MA pada materi mutasi berdasarkan dua kategori literasi sains, yaitu sains sebagai pengetahuan serta interaksi sains, teknologi dan masyarakat. Analisis deskriptif terhadap konten buku ajar dilakukan dengan cara mencermati setiap kalimat dan segala unsur teks yang terdapat dalam buku ajar tersebut untuk kemudian dicocokkan dengan indikator-indikator kategori literasi sains yang tertera pada instrumen penelitian berupa lembar penilaian untuk kemudian dilakukan proses analisis. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, tingkat kategori sains sebagai pengetahuan pada buku Erlangga mencapai 92,31% dan 89,53% untuk buku Bailmu. Kemudian untuk kategori interaksi sains, teknologi dan masyarakat mencapai 7,69% pada buku Erlangga dan 10,47% pada buku bailmu. Dari data yang didapat maka dapat diambil kesimpulan bahwa tingkat kategori sains sebagai pengetahuan termasuk kriteria sangat baik (90%-100%), sedangkan kategori interaksi sains, teknologi dan masyarakat termasuk kriteria tidak baik (<60%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis konten; buku ajar; kategori literasi sains
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Aulia Rahmanita
Date Deposited: 08 Dec 2020 06:07
Last Modified: 08 Dec 2020 06:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35591

Actions (login required)

View Item View Item