Kualitas pelayanan pencatatan nikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Padakembang Kabupaten Tasikmalaya tahun 2019

Octaviany, Dinda (2020) Kualitas pelayanan pencatatan nikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Padakembang Kabupaten Tasikmalaya tahun 2019. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (484kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan publik merupakan sesuatu yang sangat diperlukan oleh setiap orang. Dari berbagai kebutuhan masyarakat mengenai sebuah pelayanan publik, salah satu kebutuhan yang sangat berpengaruh adalah kebutuhan administratif mengenai pencatatan nikah. Lembaga yang melakukan pelayanan di bidang pencatatan nikah adalah Kantor Urusan Agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan pencatatan nikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Padakembang, juga mengggambarkan faktor pendukung dan penghambat dalam proses pemberian pelayanan pencatatan nikah, serta upaya-upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan dalam pemberian pelayanan pencatatan nikah. Penulis menggunakan teori kualitas pelayanan menurut Zeithaml, Parasuraman dan Berry (1988), dimana kualitas pelayanan ini memiliki 5 dimensi yaitu, reliabilitas (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy), dan bukti fisik (Tangible). Kelima dimensi tersebut sekaligus digunakan sebagai indikator untuk mengukur sejauh mana kualitas pelayanan pencatatan nikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Padakembang Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deksriptif. Jenis data yang digunakan yaitu jenis data kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu, 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, dan 3) Menarik Kesimpulan dan Verifikasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kualitas pelayanan pencatatan nikah yang berada di KUA Kecamatan Padakembang belum berjalan optimal, hal itu terbukti dari dimensi responsiveness dan emphaty saja yang sudah berjalan dengan baik, selebihnya masih terdapat kekurangan yang perlu diperbaiki karena masih terdapat faktor penghambat dalam pelayanan, yaitu kurangnya sumber daya manusia, lalu tidak adanya kesejahteraan pegawai sebab tidak ada pengangkatan pegawai dan minimnya anggaran di KUA Kecamatan Padakembang. Salah satu upaya yang dilakukan pihak KUA Kecamatan Padakembang yaitu Memberikan bimbingan konseling secara rutin setiap seminggu sekali agar pegawai memiliki moralitas dan rasa tanggugjawab yang tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan; Kualitas Pelayanan; Pencatatan Nikah.
Subjects: Administration of The Physical Plant
Public Administration
Public Administration > General Publications of Public Administration
Public Administration > Public Administration in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Dinda Octaviany
Date Deposited: 07 Dec 2020 00:51
Last Modified: 07 Dec 2020 00:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35498

Actions (login required)

View Item View Item