Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berpikir lateral berdasarkan teori newman

Choerani, Rini (2020) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berpikir lateral berdasarkan teori newman. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaiakan soal cerita berpikir lateral berdampak terhadap proses dan hasil belajar matematika. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan penyebab siswa melakukan kesalahan menyelesaikan soal cerita berdasarkan Teori Newman serta mengetahui solusi untuk meminimalisir kesalahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kualitatif dengan pendekatan grounded theory pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari 6 orang siswa. Instrumen yang digunakan yaitu soal cerita berpikir lateral dan pedoman wawancara. Hasil temuan yaitu (1) terdapat beberapa karakteristik kesalahan yang dominan dilakukan siswa berdasarkan Teori Newman salah satunya kesalahan dalam menarik kesimpulan akhir; (2) terdapat beberapa penyebab siswa melakukan kesalahan berdasarkan Teori Newman diantaranya siswa tidak terbiasa mengerjakan soal cerita dan menuliskan informasi awal; serta (3) terdapat beberapa solusi untuk meminimalisir kesalahan tersebut diantaranya sering berlatih mengerjakan soal cerita dan membiasakan menulis informasi yang ada. Hasil tersebut dapat dijadikan bahan diskusi bagi siswa untuk memperbaiki kesalahannya, serta bahan diskusi bagi peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan; Soal Cerita; Teori Newman;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Rini Choerani
Date Deposited: 19 Nov 2020 02:32
Last Modified: 19 Nov 2020 02:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35083

Actions (login required)

View Item View Item