Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis berdasarkan teori nolting: Penelitian pada siswa kelas VIII di salah satu SMP Kota Bandung

Maulia, Ulfia Nanda (2020) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis berdasarkan teori nolting: Penelitian pada siswa kelas VIII di salah satu SMP Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis berdasarkan Teori Nolting serta mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan-kesalahan tersebut. Pendekatan pada penelitian ini kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes dan angket terbuka. Pelaksanaan tes diikuti oleh 27 siswa dari VIII-E SMPN 56 Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan ada 2 jenis kesalahan yang dominan yaitu kesalahan penerapan (application errors) sebesar 27,61% dan kesalahan melakukan tes (test-taking errors) sebesar 26,79%. Sisanya melakukan kesalahan membaca petunjuk (misread-directions errors) yaitu sebesar 23,01% dan kesalahan konsep (concept errors) sebesar 22,59%. Berdasarkan hasil angket terbuka diperoleh fakta bahwa faktor internal, yaitu faktor yang ada dalam diri siswa adalah faktor yang sangat mempengaruhi siswa dalam melakukan kesalahan. Sedangkan faktor eksternal nya ialah faktor yang ada di luar diri siswa, diantaranya faktor keluarga, guru, fasilitas belajar dan ditambah dengan adanya pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan; Soal Pemecahan Masalah Matematis; Teori Nolting;
Subjects: Mathematics
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Geometry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Ulfia Nanda Maulia
Date Deposited: 19 Nov 2020 02:01
Last Modified: 19 Nov 2020 03:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35077

Actions (login required)

View Item View Item