Peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa melalui Lightening The Learning Climate : Penelitian kuasi eksperimen di Kelas VII SMPN 2 Cileunyi

Khodijah, Ai Siti (2020) Peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa melalui Lightening The Learning Climate : Penelitian kuasi eksperimen di Kelas VII SMPN 2 Cileunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_ bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan di SMP Negeri 2 Cileunyi. Salah satu cara untuk membantu meningkatkan kemampuan komunikasi adalah dengan menerapkan Lightening the Learning Climate. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa; (b) perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika (PAM) siswa; (c) disposisi matematis siswa pada pembelajaran matematika menggunakan Lightening the Learning Climate. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Cileunyi kelas VII A dan VII B menggunakan metode kuasi eksperimen. Hasil penelitian sebagai berikut: (a) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis; (b) hasil analisis data posttest menggunakan uji ANOVA dua jalur terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang menggunakan Lightening the Learning Climate dan pembelajaran konvensional secara keseluruhan. Tidak terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang menggunakan Lightening the Learning Climate dan pembelajaran konvensional berdasarkan PAM dan tidak terdapat interaksi antara kategori nilai PAM siswa dengan model pembelajaran dalam pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa; (c) disposisi matematis siswa pada pembelajaran matematika menggunakan Lightening the Learning Climate sebagian besar siswa memberikan respon positif dan menempati kategori baik. Dengan demikian, Lightening the Learning Climate efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Lightening the Learning Climate; Komunikasi Matematis, Disposisi Matematis
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Ai Siti Khodijah
Date Deposited: 09 Nov 2020 04:13
Last Modified: 09 Nov 2020 04:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34382

Actions (login required)

View Item View Item