Analisis keterampilan proses sains siswa kelas XI SMAN 1 Katapang pada materi sistem ekskresi

Siregar, Sella Floristia (2020) Analisis keterampilan proses sains siswa kelas XI SMAN 1 Katapang pada materi sistem ekskresi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (458kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Keterampilan Proses Sains siswa kelas XI pada materi sistem ekskresi serta menganalisis kendala yang dialami siswa dalam menerapkan Keterampilan Proses Sains. Metode yang digunakan adalah survey dan cross-sectional survey design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Katapang yang terdiri dari 6 kelas dan 204 siswa. Instrumen yang digunakan adalah soal tes essai materi sistem ekskresi dan wawancara kendala siswa dalam menerapkan Keterampilan Proses Sains. Teknik analisis data yang diterapkan adalah analisis statistik deskriptif, serta analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkategori cukup dalam Keterampilan Proses Sains pada materi sistem ekskresi. Aspek yang dominan muncul pada siswa adalah aspek menyimpulkan 74,74% (baik), aspek bertanya 74,44% (baik), aspek mengamati 65,77% (baik), dan aspek merencanakan percobaan 63,97% (baik). Adapun 6 aspek lainnya adalah sebagai berikut: aspek mengklasifikasi 58,63% (cukup), aspek menggunakan alat dan bahan 57,59% (cukup), aspek memprediksi 52,08% (cukup), aspek menerapkan konsep 50,59% (cukup), aspek berkomunikasi 48,85% (cukup), dan aspek berhipotesis 35,06% (lemah). Kendala yang dialami siswa dalam menerapkan Keterampilan Proses Sains diantaranya: sulit memahami dan menghafal berbagai istilah, bagian organ dan proses yang terdapat dalam materi sistem ekskresi, kurang lengkapnya alat dan bahan yang akan digunakan untuk praktikum, serta terkadang terjadi kelalaian dalam praktikum yang membuat hasil tidak maksimal. Diharapkan setelah penelitian ini guru menerapkan berbagai model pembelajaran yang berfokus pada siswa salah satunya model Discovery Learning sehingga Keterampilan Proses Sains siswa dapat muncul dan berkembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses Sains; Sistem Ekskresi; Siswa Kelas XI
Subjects: Biology
Biology > Data Processing and Analysis of Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Sella floristia siregar
Date Deposited: 23 Sep 2020 02:50
Last Modified: 23 Sep 2020 02:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33694

Actions (login required)

View Item View Item