Pengaruh kompetensi kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK): Penelitian di SMK Bina Wisata Lembang dan SMK Perjuangan Parongpong Kabupaten Bandung Barat

Maulana, Agung (2020) Pengaruh kompetensi kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK): Penelitian di SMK Bina Wisata Lembang dan SMK Perjuangan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (687kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kinerja dan prestasi guru dipandang masih rendah yang dipengarhi oleh : pertama, lemahnya sistem pengontrolan kepala Sekolah, kedua banyaknya guru yang tidak pokus disatu sekolah, ketiga banyaknya guru yang tidak disiplin, dan keempat sebagian guru belum membuat perangkat pembelajaran dengan lengkap, sehingga guru memberikan materi kepada peserta didik kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi: (1) kepemimpinan kepala SMK Bina Wisata Lembang dan SMK Perjuangan Parongpong Kabupaten Bandung Barat (2) Kinerja guru SMK Bina Wisata Lembang dan SMK Perjuangan Parongpong Kabupaten Bandung Barat dan (3) kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMK Bina Wisata Lembang dan SMK Perjuangan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Kerangka berpikir dalam penelitian ini menerapkan teorinya Wallach dan Jackson yang dikutip oleh Timpe (1987: 181) kepemimpinan merupakan tingkat dimana karyawan merasakan bahwa manajemen mendorong partisipasi dan respontif serta reseptif terhadap masukan, gagasan, dan saran-saran karyawan. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan pendekatan expostfacto. Populasi dalam penelitian ini adalah para guru SMK kemudian diambil sampel sebanyak 150 guru yang dipilih dengan teknik area proportional random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dengan skala likert yang memiliki 4 alternatif jawaban, terdiri atas 100 butir. Instrumen penelitian diujicobakan kepada 150 guru. Uji validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan teknik experts judgment, sedangkan untuk reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi sederhana yang diolah dengan menggunakan SPSS Versi 26.0. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) Kepemimpinan Kepala sekolah dikedua sekolah SMK ini menurut sebagian guru (54%) termasuk dalam kategori tinggi; (2) Kinerja guru di SMK Bina Wisata Lembang dan SMK Perjuangan Parongpong Kabupaten Bandung Barat lebih dari separuh guru (54%) dalam kategori tinggi; dan (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 30,6% variansi yang terjadi pada kinerja guru dapat dijelaskan oleh kepemimpinan kepala sekolah, sedangkan 69,4% lainnya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Kepala Sekolah; Kinerja Guru
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management > Organizations
General Management > Personnel Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Agung Maulana
Date Deposited: 02 Sep 2020 07:46
Last Modified: 27 Jan 2022 04:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33016

Actions (login required)

View Item View Item