Penerapan model Pembelajaran Problem-Based Multimedia Group (PBMG) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada materi alat-alat optik

Fiki, Fiki (2020) Penerapan model Pembelajaran Problem-Based Multimedia Group (PBMG) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada materi alat-alat optik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (392kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki peserta didik pada abad ke-21. Keterampilan pemecahan masalah dapat dilatih dengan menerapkan model pembelajaran Problem-Based Multimedia Group (PBMG) dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan tahapan model pembelajaran PBMG dalam proses pembelajaran dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik setelah menerapkan model pembelajaran PBMG pada materi alat-alat optik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental dengan desain one group pretest posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 12 Kabupaten Tangerang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar kerja peserta didik, dan tes keterampilan pemecahan masalah. Hasil analisis lembar observasi menunjukkan bahwa persentase keterlaksanaan aktivitas guru selama empat pertemuan adalah 78% yang berada dalam kategori baik dan persentase keterlaksaan peserta didik sebesar 67% yang berada dalam kategori baik. Hasil analisis instrumen tes keterampilan pemecahan masalah menunjukkan bahwa nilai N-gain yang didapatkan adalah 0,67 yang berada dalam kategori sedang. Hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji t memperoleh nilai thitung sebesar 34,27 dan nilai t tabel adalah 2,04. Nilai thitung lebih besar dari ttabel yang menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran PBMG pada materi alat-alat optik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Multimedia Group; model pembelajaran; keterampilan pemecahan masalah; alat-alat optik;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Light, Infrared and Ultraviolet Phenomena > Physical Optics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Fiki Fiki
Date Deposited: 19 Aug 2020 03:48
Last Modified: 19 Aug 2020 03:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32508

Actions (login required)

View Item View Item