Penerapan metode index card match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ilmu tajwid: Penelitian tindakan kelas di Kelas IV MI Selakopi Kab. Bandung Barat

Handayani, Sopi (2017) Penerapan metode index card match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ilmu tajwid: Penelitian tindakan kelas di Kelas IV MI Selakopi Kab. Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (904kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR)
3_Daftar Isi.pdf

Download (945kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari temuan permasalahan yang terjadi dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas IV MI Selakopi Kabupaten Bandung Barat, yaitu disebabkan hasil belajar siswa kebanyakan nilainya masih di bawah KKM 65, karena kurang tepatnya metode yang digunakan, solusi untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dengan menerapkan metode index card match untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi Ilmu Tajwid sebelum menggunakan metode Index Card Match di kelas IV MI Selakopi, penerapan proses pembelajaran AlQur’an Hadits materi Ilmu Tajwid melalui penggunaan metode Index Card Match di kelas IV MI Selakopi, hasil belajar siswa kelas IV MI Selakopi pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi Ilmu Tajwid sesudah menggunakan metode Index Card Match pada setiap siklus. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar siswa dapat meningkat diantaranya dengan penggunaaan metode pembelajaran yang tepat. Salah satunya metode index card match. Sehingga peneliti mengajukan hipotesis tindakan bahwa penerapan metode index card match diduga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari empat tahap secara berulang yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah silabus, RPP, lembar observasi dan lembar evaluasi. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Analisis data dengan pendekatan statistika. Subjek penelitian ini seluruh siswa kelas IV MI Selakopi yang terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 5 orang siswa perempuan, yang berjumlah 14 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis diperoleh:1) Hasil belajar siswa sebelum menerapkan Metode Index Card Match sebesar 59,28 dan belum memenuhi KKM. 2) hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada setiap tindakannya mengalami peningkatan, dengan persentase pada siklus I tindakan I 63,15% kategori cukup, tindakan II 78,94% kategori baik, pada siklus II tindakan I 89,47% kategori baik, tindakan II 100% kategori istimewa. Begitupun persentase aktivitas siswa siklus I tindakan I 60% kategori cukup, tindakan II 70% kategori cukup, pada siklus II tindakan I 80% kategori baik, tindakan II 100% kategori istimewa, 3) Sedangkan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode index card match dapat mengalami peningkatan. Pada siklus I tindakan I 61,42, pada tindakan II 72,14 dengan nilai rata-rata nilai 66,78 dengan persentase ketercapaian klasikal 49,99%, kategori cukup. Pada siklus II tindakan I 77,14, pada tindakan II 84,28 dengan memperoleh nilai rata-rata 80,71 dengan persentase ketercapaian klasikal 85,71% kategori baik. Berdarkan pada persentase hasil belajar siswa dapat dikatakan bahwa penerapan metode index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Selakopi mata pelajaran Qur’an Hadits.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode index card match; ilmu tajwid; belajar;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 29 Jul 2020 02:00
Last Modified: 29 Jul 2020 02:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32268

Actions (login required)

View Item View Item