Program marketing public relations PT. Angkasa Pura solusi dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan: Studi kasus pada Saphire Lounge di Terminal 3 Ultimate Bandara International Soekarno Hatta

Chairunisa, Ajeng Rachma (2017) Program marketing public relations PT. Angkasa Pura solusi dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan: Studi kasus pada Saphire Lounge di Terminal 3 Ultimate Bandara International Soekarno Hatta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)

Abstract

PT. Angkasa Pura Solusi memiliki salah satu airport lounge di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta adalah Saphire Lounge di Terminal 3 Ultimate. Saphire Lounge adalah sebuah program yang memberikan pelayanan eksklusif, prioritas dan efisiensi untuk para traveller. Saphire Lounge mendesain untuk menyiapkan perjalanan melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta menjadi pengalaman yang menyenangkan, karena Saphire Lounge menawarkan berbagai pelayanan istimewa untuk para membernya. Adanya Marketing Public Relations melalui Saphire Lounge ini adalah kebutuhan PT Angkasa Pura Solusi untuk mengenalkan secara luas produk layanan ini kepada masyarakat (konsumen). Hal ini dilakukan mengingat Saphire Lounge merupakan suatu inovasi perusahaan dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan yang memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam berpergian, sehingga diperlukan adanya upaya membangun brand awareness dan brand knowledge publik terhadap layanan Saphire Lounge ini. Setiap perusahaan berusaha memberikan fasilitas dan pelayanan yang terbaik, termasuk PT Angkasa Pura Solusi. Peneliti memilih PT Angkasa Pura Solusi sebagai objek penelitian dikarenakan program Marketing Public Relations yang dikonsep oleh PT Angkasa Pura Solusi yaitu bertujuan untuk membangun Saphire Lounge ini agar lebih dikenal secara luas oleh publik, dengan memberikan kualitas pelayanan yang terbaik melalui Saphire Lounge di Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno Hatta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan observasi partisipatori. Penelitian ini dilakukan melalui langkah-langkah, menentukan lokasi penelitian, menentukan metode penelitian, menentukan pemilihan informan, menentukan jenis dan sumber data, menentukan teknik pengumpulan data, dan akhirnya mengolah dan menganilisis data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program Marketing Public Relations PT. Angkasa Pura Solusi dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan melalui Saphire Lounge. Adapun dalam pelaksanaan Pull Strategy (strategi menarik dalam rangka membangun perhatian konsumen) adalah dengan cara memberikan informasi produk, penggunaan media komunikasi, periklanan (advertising), kegiatan promosi melalui event, serta sponsorship. Pelaksanaan Push Strategy (strategi mendorong dalam hal pemasaran) pada Program Marketing Public Relations adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan melalui berbagai kemudahan fasilitas pelayanan yang didapatkan, sehingga diharapkan masyarakat atau konsumen potensial tertarik menggunakan layanan Saphire Lounge. Pelaksanaan Pass Strategy (upaya mempengaruhi atau menciptakan opini publik yang menguntungkan) adalah dengan cara membangun brand image yang positif yaitu selalu mengedapankan kualitas tentunya dengan layanan, kemudian juga menepati janji mengenai kelebihan yang dimiliki kemudian juga mengedepankan kemudahan dalam mengakses Saphire Lounge ini, lebih menekankan pada program aktivitas sosial dan lingkungan, dan juga membangun kerjasama melalui program Saphire Membership ini sebagai bagian dari upaya PT. Angkasa Pura Solusi dalam menjaga hubungan baik terhadap pelanggan dan loyal menggunakan produk layanan Saphire Lounge.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: marketing public relations; kualitas pelayanan; saphire lounge
Subjects: General Management
General Management > Marketing, Management of Distribution
General Management > Market Research, Market Analysis
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 21 Jul 2020 02:19
Last Modified: 21 Jul 2020 02:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32043

Actions (login required)

View Item View Item