Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis lagu sains terhadap hasil belajar siswa pada materi sel

Firdaus, Deden Iqbal (2019) Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis lagu sains terhadap hasil belajar siswa pada materi sel. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis lagu sains sebagai media untuk meningkatkan ketertarikan siswa yang dipandang memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis lagu sains merupakan salah satu bentuk dari reformasi pendidikan yang memiliki pengaruh positif hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL) berbasis lagu sains, menganalisis respon minat dan hasil belajar siswa pada materi sel. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain Nonequivalen Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah Lembar Observasi, Angket respom minat belajar, tes hasil belajar pilihan ganda (Preetest dan Postest). Rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 81,5% dengan kategori baik, rata-rata keterlaksanaan aktivitas siswa sebesar 81,5% dengan kategori baik. Respon minat siswa dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis lagu sains diperoleh nilai rata-rata sebesar 82% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata preetest 41,5 rata-rata postest 73,8. Kesimpulannya, maka pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbasis lagu sains berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dengan t_hitung (6,75) > t_tabel (2,03).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning (PjBL); Lagu sains; pelaksanaan; hasil belajar;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Adult Education
Music for Single Voices, The Voice
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Deden Iqbal Firdauss
Date Deposited: 07 Jul 2020 06:47
Last Modified: 07 Jul 2020 06:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31674

Actions (login required)

View Item View Item