Penggunaan metode storytelling melalui musik instrumental untuk meningkatkan kemandirian anak usia dini : Penelitian tindakan kelas di kelompok B Kober Alhuda Alal Kasbi Cipacing Sumedang

Hidayati, Hilda (2020) Penggunaan metode storytelling melalui musik instrumental untuk meningkatkan kemandirian anak usia dini : Penelitian tindakan kelas di kelompok B Kober Alhuda Alal Kasbi Cipacing Sumedang. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK (2).pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (420kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh studi pendahuluan terkait dengan kemandirian anak. Permasalahan tersebut diantaranya anak belum mampu melakukan aktivitas fisik secara mandiri, bersikap percaya diri, bertanggung jawab dan disiplin. Hal itu karena proses penanaman nilai-nilai kemandirian yang dilakukan dengan metode atau cara yang kurang menarik dan klasik. Sehingga anak tidak mampu menangkap pesan yang disampaikan oleh guru terkait dengan kemandirian. Tujuan penelitaian ini adalah untuk mengetahui 1) Kemandirian anak di kelompok B Kober Alhuda Alal Kasbi sebelum diterapkan metode storytelling melalui musik instrumental. 2) Proses pembelajaran dan penerapan metode storytelling melalui musik instrumental di kelompok B Kober Alhuda Alal Kasbi pada seluruh siklus. 3) Kemandirian anak di kelompok B Kober Alhuda Alal Kasbi sesudah diterapkan metode storytelling melalui musik isntrumental pada seluruh siklus. Penelitian ini didasari oleh suatu pemikiran bahwa kemandirian merupakan salah suatu sikap yang sangat penting bagi anak usia dini sebagai bekal dalam proses tumbuh kembangnya dalam menjalani kehidupannya sehari-hari ataupun untuk kehidupan dewasanya kelak. Dari asumsi tersebut maka diajukan hipotesis penggunaan metode storytelling melalui musik instrumental dapat meningkatkan kemandirian anak usia dini di Kelomok B Kober Alhuda Alal Kasbi Cipacing. Penelitaian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Subjek /responden dalam penelitian ini adalah siswa/i Kober Al-Huda Alal Kasbi Cipacing yang berjumlah 13 orang pada tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kemandirian anak sebelum dilakukan tindakan memperoleh nilai rata-rata 51,35% dengan kriteria kurang. Proses penerapan metode storytelling melalui musik instrumental dilihat dari aktivitas guru dan anak , pada siklus I observasi aktivitas guru mencapai 80,55% dengan kriteria baik dan pada siklus II meningkat menjadi 94,44% dengan kriteria sangat baik. Demikian pula dengan observasi aktivitas anak siklus I mencapai 68,88% dengan kriteria baik. Pada siklus II meningkat menjadi 79,69 dengan kriteria baik. Adapun kemandirian anak pada siklus I memperoleh rata-rata 57,88 dengan kriteria kurang. Pada siklus II kemandirian anak meningkat menjadi 86,53 dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode belajar; storytelling; anak usia dini
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Hilda Hidayati
Date Deposited: 20 Jan 2021 07:06
Last Modified: 20 Jan 2021 23:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31155

Actions (login required)

View Item View Item