Media sosial dan moderasi beragama: Pembinaan penyuluh agama Islam dalam memanfaatkan media sosial

Fakhruroji, Moch (2020) Media sosial dan moderasi beragama: Pembinaan penyuluh agama Islam dalam memanfaatkan media sosial. Mimbar Pustaka, Bandung. ISBN 978-623-92781-9-9

[img]
Preview
Text (Cover)
cover.pdf

Download (779kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Ket-Buku)
cover_dalam.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pengantar)
pengantar.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar_Isi)
daftar_isi.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab-1)
Pwk-1.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab-2)
Pwk-2.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab-3)
Pwk-3.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab-4)
Pwk-4.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab-5)
Pwk-5.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar-Pustaka)
dapus.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Internet memang memberikan banyak sekali keuntungan bagi manusia modern. Melalui internet, beraktivitas tidak selalu harus keluar rumah, tetapi dapat dilakukan dengan menggunakan platform-platform tertentu yang mendukung aktivitas mereka. Salah satu fitur yang dihadirkan oleh internet adalah media sosial yang secara fungsional memang memiliki keberpihakan kepada para pengguna dimana pengguna dapat menggunakannya sebagai media informasi dan dapat pula digunakan sebagai saluran untuk menumpahkan gagasan dan pemikiran. Media sosial dapat melakukan itu karena ia bersifat terbuka dan user-generated content dimana konten media tersebut memang diisi oleh para penggunanya. Setiap pengguna dapat menemukan konten apapun di media sosial sepanjang ada pengguna yang melakukan postingan—tentu saja setelah melalui moderasi oleh pihak platform itu sendiri. Bagi para pelaku dakwah, hal ini memebrikan peluang dan tantangan sekaligus. Di satu sisi internet dapat dimanfaatkan untuk menghadirkan wajah Islam sesuai dengan yang diharapkan namun di sisi lain popularitas internet sebagai media populer telah berakibat pada maraknya beragam jenis informasi keagamaan yang terkadang tidak sesuai dengan karakteristik Islam di Indonesia dengan konteks negara yang plural dan multikultural.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: media sosial; moderasi beragama; penyuluh agama Islam;
Subjects: Doctrines of Religions
Religious Ethics
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Moch Fakhruroji
Date Deposited: 04 May 2020 08:28
Last Modified: 04 May 2020 08:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30757

Actions (login required)

View Item View Item