Pengaruh pembelajaran Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dan self directed learning

Sulaeman, Dadan (2020) Pengaruh pembelajaran Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dan self directed learning. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (494kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan komunikasi matematis siswa yang perlunya ditingkatkan serta didukung dari hasil studi pendahuluan di salah satu SMA di Kab. Garut. Tujuan dari penelitian ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk mengetahui perbedaan pengaruh peningkatan pembelajaran PQ4R, serta untuk mengetahui perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang menggunakan pembelajaran PQ4R berdasarkan tingkat PAM (tinggi, sedang, rendah) siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dan data yang diperoleh menggunakan instrumen tes dan nontes. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: (a) Proses pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran PQ4R berdasarkan hasil pengamatan observer pada saat pembelajaran berlangsung didapatkan hasil bahwa rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa.Sehingga dengan melibatkan proses interaksi, pencarian informasi, dan mampu mengingatkan kembali materi yang sebelumnya dipelajari sehingga berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. (b) Tidak terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa antara siswa yang menggunakan pembelajaran PQ4R dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PQ4R dapat berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan rata-rata N-gain tes. (c) Tidak terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa antara pembelajaran PQ4R dan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM (tinggi, sedang, dan rendah) siswa. Sehingga pembelajaran PQ4R dapat berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa (d) Sikap siswa terhadap pembelajaran PQ4R dengan angket Self directed Learning memberikan respon yang positif. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase sikap siswa yang memperoleh persentase positif lebih besar dari persentase negatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: PQ4R; Kemampuan Komunikasi Matematis; Self Directed Learning
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Dadan Sulaeman
Date Deposited: 12 Mar 2020 06:14
Last Modified: 13 Mar 2020 02:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30248

Actions (login required)

View Item View Item