Pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi virus: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 4 Bandung

Fauziah, Syifa (2019) Pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi virus: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan yang menunjukkan bahwa siswa kurang berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran dan penerapan soal HOTS belum pernah diujikan. Hal ini berimplikasi pada kemampuan pemecahan masalah siswa yang kurang pada pembelajaran Biologi. Model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) merupakan model pembelajaran yang dapat membuat siswa berpartisipasi aktif dan memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MEA terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi virus kelas X IPA SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalen control group design dimana kelompok kontrol maupun kelompok eksperimen dipilih berdasarkan suatu pertimbangan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai N-Gain kelas eksperimen 0,66 dan kelas kontrol 0,43. Teknik analisis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi α= 5%, diperoleh bahwa thitung > ttabel yakni (7,29)>(1,99) artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi virus kelas X IPA SMA Muhammadiyah 4 Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Means Ends Analysis; pemecahan masalah; virus
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Education, Research
Public Preventive Medicine > Incidence of and Public Measure to Prevent Disease
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Syifa Fauziah
Date Deposited: 17 Feb 2020 06:31
Last Modified: 17 Feb 2020 06:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29473

Actions (login required)

View Item View Item