Tanggapan Siswa terhadap Penerapan Model Cooperative Learning Tipe TGT (Team Game Tournament) Hubungannya dengan Aktivitas Belajar Siswa pada Pelajaran Fiqih (Penelitian terhadap Siswa Kelas VII di MTs. As-Sawiyah)

Dais Nur Alawiyah, Dais (1210202032) (2014) Tanggapan Siswa terhadap Penerapan Model Cooperative Learning Tipe TGT (Team Game Tournament) Hubungannya dengan Aktivitas Belajar Siswa pada Pelajaran Fiqih (Penelitian terhadap Siswa Kelas VII di MTs. As-Sawiyah). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (700kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di kelas VII MTs As-Sawiyah diperoleh informasi bahwa guru sudah menerapkan metode TGT dalam proses belajar mengajar pada bidang studi Fiqih. Bahkan mendapatkan tanggapan yang postif dari siswa kelas VII. Namun pada kenyataannya, diperoleh informasi bahwa mengenai aktivitas belajar mereka pada bidang studi Fiqih sangat bervariasi, yaitu ada siswa yang aktif, ada yang kurang aktif dan ada pula yang tidak aktif sama sekali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penerapan model Cooperative Learning Tipe TGT (Team Game Tournament); aktivitas belajar siswa; serta hubungan antara tanggapan siswa kelas VII di MTs As-Sawiyah terhadap penerapan Model Cooperative Learning Tipe TGT dengan aktivitas belajar siswa pada pelajaran Fiqih. Dengan melaksanakan model Cooperative Learning, siswa memungkinkan dapat meraih keberhasilan dalam belajar, disamping itu juga bisa melatih siswa untuk memiliki keterampilan, baik keterampilan berpikir maupun keterampilan sosial. Berdasarkan dari pemikiran tersebut maka untuk hipotesisnya peneliti merumuskan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tanggapan siswa terhadap Model Cooperatif Learning Tipe TGT (Team Game Tournament) dengan aktivitas belajar mereka pada mata pelajaran Fiqih. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui angket, wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Data dianalisis dengan menggunakan dua pendekatan yaitu teknik deskriptif dan korelasi menggunakan Rank Spearman. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kenyataan bahwa tanggapan siswa terhadap penggunaan Model Cooperative Learning Tipe TGT (Team Game Tournament) (variabel X) yaitu 4,04 nilai tersebut termasuk katagori tinggi karena berada pada rentang 3,40–4,19. Untuk aktivitas belajar siswa pada pelajaran Fiqih (variabel Y) diperoleh hasil 3,84 nilai tersebut termasuk katagori tinggi karena berada pada rentang 3,40–4,19. Dari hasil perhitungan, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,16 karena berada pada interval 0,00–0,199, dengan demikian korelasi antara variabel X dengan variabel Y termasuk dalam kategori Sangat Rendah. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan Rank Sprearman diperoleh t Hitung 1,36 < t Tabel 1,66 dengan taraf signifikan 5%, maka hubungan variabel X dengan variabel Y tidak signifikan, artinya hipotesis (ho) terdapat hubungan dan (ha) tidak terdapat hubungan. Adapun kadar pengaruhnya sebesar 2%, yang berarti bahwa aktivitas belajar siswa pada pelajaran Fiqih tidak dipengaruhi oleh penggunaan Model Cooperative Learning Tipe TGT (Team Game Tournament) dan masih terdapat 98% yang dapat mempengaruhi aktivitas belajar siswa yang perlu di teliti lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Team Game Tournament,aktivitas belajar siswa,pendidikan,agama islam.
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 234 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2017 08:27
Last Modified: 10 Feb 2017 11:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2874

Actions (login required)

View Item View Item