Pengaruh penggunaan Computer Assisted Instruction tipe Tutorial terhadap hasil belajar matematika siswa:Penelitian kuasi eksperimen di kelas VIII SMPN 2 Cilengkrang Bandung

Maliyon, Yonna (2019) Pengaruh penggunaan Computer Assisted Instruction tipe Tutorial terhadap hasil belajar matematika siswa:Penelitian kuasi eksperimen di kelas VIII SMPN 2 Cilengkrang Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (530kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui (a) Gambaran proses pembelajaran matematika dengan menggunakan CAI (Computer Assisted Instruction) tipe tutorial (b) Perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan CAI (Computer Assisted Instruction) tipe tutorial individu, CAI (Computer Assisted Instruction) tipe tutorial berpasangan dan pembelajaran konvensional (c) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan CAI (Computer Assisted Instruction) tipe tutorial. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMPN 2 Cilengkrang pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dipilih berdasarkan saran dari guru sehingga didapat kelas VIII A sebagai kelas Eksperimen 1 dengan CAI (Computer Assisted Instruction) tipe tutorial individu, kelas VIII B sebagai kelas Eksperimen II dengan CAI (Computer Assisted Instruction) tipe tutorial berpasangan dan kelas VIII C sebagai kelas Kontrol dengan pembelajaran Konvensional. Hasil yang diperoleh adalah (a) Aktivitas siswa dan guru dengan menggunakan CAI (Computer Assisted Instruction) tipe tutorial individu maupun berpasangan untuk setiap pertemuan termasuk dalam kriteria keterlaksanaan Baik, (b) Berdasarkan hasil analisis data posttest untuk kelas eksperimen 1 mendapatkan rata-rata nilai 71,81, eksperimen 2 dengan rata-rata nilai 74,39 dan kontrol dengan rata-rata nilai 65,74 (c) Berdasarkan pengolahan data ANOVA satu jalur menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan CAI (Computer Assisted Instruction) tipe tutorial individu, CAI (Computer Assisted Instruction) tipe tutorial berpasangan dan pembelajaran konvensional dengan urutan keefektifan dilihat dari nilai rata-rata posttestnya yaitu kelas eksperimen 2, eksperimen 1, dan kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Computer Assisted Instruction; tipe Tutorial; hasil belajar matematika;
Subjects: Mathematics > Research Methods of Mathematics
Mathematics > Mathematicians
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Yonna Maliyon
Date Deposited: 20 Nov 2019 06:00
Last Modified: 20 Nov 2019 06:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27591

Actions (login required)

View Item View Item